Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 16 November 2011

Tahun 2013, SBD Bebas Frambusia


Tahun 2013, Kabupaten Sumba Barat (SBD) bebas dari penyakit frambusia. Terkait dengan itu perilaku hidup bersih dan sehat mesti menjadi perilaku hidup sehari-hari.

Membebaskan SBD dari penyakit frambusia menjadi tekad yang dicanangkan Pemkab SBD dalam acara peringatan Hari Kesehatan Nasional ke-47 dan Hari Pahlawan ke-66. Acara peringatan hari kesehatan dan hari pahlawan tingkat kabupaten ini digelar di Lapangan Sepakbola Walandimu, Kodi Bangedo, Sabtu (12/11/2011).  Acara ini dihadiri para kader posyandu, kader desa, penyuluh kesehatan, paramedis, pimpinan dinas, tokoh masyarakat, tokoh agama dan warga setempat.

Setelah apel bendera, pencanangan SBD bebas frambusia tahun 2013 ditandai dengan imunisasi anti frambusia oleh Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete. Menyusul setelahnya dilakukan imunisasi kepada warga yang menderita frambusia. Para dokter dan petugas medis siaga di tenda khusus yang dibangun untuk pelayanan imunisasi frambusia.

Seorang staf Dinas Kesehatan SBD ditanya tentang data penderita frambusia di SBD hanya menyebut cukup banyak penderita. Dia lupa seperti apa gambaran penderita frambusia di SBD, tetapi dia memastikan penderitanya cukup banyak.

Disaksikan Pos Kupang pada acara peringatan Hari Kesehatan dan Hari Pahlawan di Walandimu itu, anak-anak di kawasan ini  yang kaki dan tangannya terlihat banyak koreng.  Badan mereka terlihat kurang terawat, kotor dan terkesan sudah berhari-hari tidak mandi. Beberapa di antara anak-anak itu mendapat layanan imunisasi antiframbusia dari petugas medis.

Pada peringatan Hari Kesehatan itu, Bupati Kodi Mete dan Wakil Bupati, Jakob Malo Bulu, menyerahkan dua unit mobil puskesmas keliling untuk Puskesmas Panenggo Ede, Kecamatan Kodi Bangedo, dan Puskesmas Watu Kawula, Kecamatan Loura.

Penyerahan mobil dinas ini dilakukan secara simbolis dengan menyerahkan kunci mobil kepada dua staf di puskesmas ini. Bupati berharap agar kendaraan dinas ini bisa difungsikan dengan baik untuk melayani warga yang membutuhkan pelayanan kesehatan.


Penulis : TONY KLEDEN
Sumber : POS KUPANG
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD