Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 07 November 2011

Sumba Barat Daya Bangun Rumah Sakit Internasional


Pemerintah Sumba Barat Daya (SBD) Nusa Tenggara Timur (NTT) segera membangun rumah sakit internasional di wilayah tersebut, untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada masyarakat, kata Bupati Kornelius Kodi Mete.

"Semua persiapan telah kita lakukan untuk memenuhi sejumlah syarat pembangunan rumah sakit dimaksud," kata Bupati Sumba Barat Daya, Kornelius Kodi Mete di Weetabula, Rabu.

Dia menyebutkan, sejumlah persiapan itu di antaranya, menyediakan sumber daya medis dan dokter, dari aspek kuantitas dan kualitas, sehingga layanan kesehatan yang akan diterapkan bisa berjalan maksimal dan berkualitas.

Sejumlah dokter kata Kodi Mete yang juga seorang dokter umum itu, telah dikirim untuk melanjutkan studi, untuk menjadi dokter ahli yang akan ditugaskan nantinya di rumah sakit tersebut.

"Sedikitnya enam dokter umum telah kita kirim untuk bersekolah menjadi dokter spesialis,` kata dia.

Mantan Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sumba Barat dan Rote Ndao itu mengatakan, dari aspek tenaga medis lain, seperti bidan dan perawat, juga secara kuantitas dan kualitas terus dilakukan, termasuk memberikan beasiswa kepada sejumlah tenaga medis itu yang saat ini sedang bertugas di sejumlah puskesmas untuk bersekolah.

Dari aspek ketersediaan dan dukungan lahan untuk lokasi pembangunan, Kodi Mete mengaku telah menyediakan lahan seluas lima hektare.

Rujukan

Dia mengatakan, niat pemerintah tersebut, selain untuk memberikan layanan kepada seluruh masyarakat daerah itu dari aspek kesehatan, tetapi juga untuk menjadikan SBD sebagai salah satu daerah yang menjadi basis dan pusat rumah sakit rujukan berkelas internasional.

Dia mengaku, ada sejumlah dokter pegawai tidak tetap (PTT) yang sudah menjadi melakukan kontrak dengan pemerintah SBD dan telah ditugaskan di sejumlah puskesmas yang ada di daerah tersebut.

Langkah lain yang akan juga dilakukan pemerintah SBD kata Kodi Mete, adalah dengan memberikan insentif untuk sejumlah tenaga medis dan dokter baik yang sudah berstatus PNS maupun PTT agar bisa lebih betah dan bersemangat untuk mengabdi di daerah tersebut, hingga pada saatnya di rumah sakit internasional yang segera dibangun itu.

Dengan tanpa menyebut jumlahnya secara pasti, namun menurut Kodi Mete, jumlah dokter yang saat ini yang sedang mengabdi di kabupaten pemekaran dari kabupaten Sumba Barat pada 2008 masing- masing sebanyak tiga orang dokter untuk rata-rata 10 hingga 11 puskesmas di delapan kecamatan yang ada di wilayah tersebut.

Dia berharap, rencana pemerintah tersebut tidak mendapatkan halangan yang serius, sehingga rencana pembangunan rumah sakit bertaraf internasional yang segera dilakukan pada tahun 2012 mendatang bisa berjalan baik.

"Mudah-mudahan tidak ada halangan agar pelaksanaan pembangunan yang segera dilakukan pada 2012 mendatang bisa dilakukan dan sukses," kata dia.



Sumber : Antara News
Comments
1 Comments

1 komentar:

mena mengatakan...

wahhhhh hebat..
i agree
maju teruss SBD

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD