Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 22 Oktober 2011

Pater Robert Terima Kedde

Kerbau Kedde

Rangkaian acara peresmian lembaga study dan pelestarian budaya sumba atau yang lebih popular dikenal dengan rumah budaya sumba sudah berlangsung sejak jumat (21/10/2011) pagi yang di pusatkan di gedung kembar kalembu ngga’a Bangga, Weetabula, Sumba Barat Daya-NTT.
Kegiatan diawali dengan kuliah umun tentang arsitektur dan budaya sumba Profesor Yosef Priyatomo dilanjutkan dengan presentasi dari Doktor Piet Tanggu Bera. Diakhir acara diisi dengan peluncuran buku dari Pater Robert Ramone CSsR.
Dalam presentasinya Prof. Yosef berharap pentingnya mempertahankan budaya dan arsitektur rumah sumba yang memiliki keunikan dan filosofi tersendiri.  Sedangkan Doktor Piet Tanggu Bera yang juga putra asli sumba mengkritisi lunturnya nilai-nilai budaya sumba, “Kalo ada perang antar kampung dan ada korban itu bukan budaya orang sumba itu adalah penyimpangan sehingga sumba tidak bisa diidentikan dengan perang suku” ujar Doktor Tanggu Bera
Hadir dalam Kuliah umum ini perwakilan dari berbagai elemen baik mahasiswa, pemerintah maupun ormas. Jefri salah satu undangan berharap acara seperti ini harus sering dilakukan agar generasi muda bias lebih mengenal budayanya.
Sore harinya acara dilanjutkan dengan upacara adat Kedde yang merupakan salah satu tradisi orang sumba. Dalam upacara ini rombongan dari Kabupaten Sumba Timur  datang dengan membawa kerbau. Pater Robert dalam ungkapan menyambut rombongan mengucapkan terimakasih atas dukungan dari rombongan Sumba timur sebagai wujud dukungan atas berdirinya lembaga study dan pelestarian budaya Sumba. (snd)

On Picture :


Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD