Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 07 Oktober 2011

Cumi-cumi Pero Dikirim ke Jakarta : Sehari Bisa Tangkap 2 Ton


Perahu nelayan di Pantai Pero, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) ini dilabuhkan di muara pesisir Pantai Pero guna mengamankannya dari gelombang. Gambar diambil, Senin (3/10/2011).
Cumi-cumi dari Pantai Pero, Desa Pero Batang, Kecamatan Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), hampir semuanya dikirim ke Jakarta. Jika cuaca baik dan hasil tangkapan maksimal, dalam sehari para nelayan bisa menangkap dua ton cumi-cumi segar (basah).
 Informasi ini disampaikan Ali Stori, salah seorang pengusaha cumi-cumi di Pantai Pero, Senin (3/10/2011) siang. Selama ini Pantai Pero, yang berjarak sekitar 35 km dari Kota Tambolaka, lebih dikenal sebagai daerah pariwisata pantai. Ombak yang bergulung cocok untuk surfing. “Pemerintah kita belum melihat potensi di sini. Tetapi yang pasti cumi-cumi di sini kita kirim ke Jakarta. Kalau lagi bagus, satu hari bisa dua ton cumi-cumi ditangkap nelayan dan dibawa ke darat,” kata Ali.
 Cumi-cumi lonjong yang disebut juga dengan cumi terompet ini, kata Ali, dikirim setelah dikeringkan. “Kita rebus dulu baru jemur. Setelah kering kita kirim melalui truk ekspedisi ke Jakarta. Ada dua perusahaan yang beli, yakni PT Sumber Jaya dan PT Karya Jaya,” kata alumnus Fakultas Hukum Universitas Satyawacana Salatiga ini.
Kalau cuaca mendukung dan hasil tangkapan bagus, kata Ali, sekali kirim bisa mencapai delapan ton. Kalikan saja uangnya kalau satu kilogram cumi kering harganya Rp 45 ribu. “Potensinya luar biasa, tetapi belum digarap dengan serius,” kata Ali. Dia menghitung dalam setahun sumbangan dari cumi-cumi Pero untuk PAD kabupaten mencapai Rp 2 miliar/tahun.
Menurut Ali, cumi-cumi itu ditangkap para nelayan menggunakan sekitar 100 unit perahu tradisional. Dia menyebut bulan tangkap cumi-cumi adalah rentang antara Maret hingga Desember. Bulan Januari dan Februari para nelayan jarang melaut karena terkendala cuaca hujan dan laut yang cenderung berombak besar. Pada musim barat ini, para nelayan mengamankan perahu mereka di muara di pesisir Pantai Pero.
Disaksikan Pos Kupang, hampir di semua pekarangan warga setempat ada para-para yang dirancang khusus untuk menjemur cumi-cumi. Di atas para-para itu dibentang jaringan yang sering digunakan menangkap ikan. Hampir semua warga di desa nelayan ini giat dalam usaha menangkap, menjemur dan menjual cumi-cumi. “Satu kuali bisa muat seratus kilogram satu kali rebus, sehingga cepat kalau tangkapan banyak,” kata Ali.


Penulis : TONY KLEDEN 
Sumber : POS KUPANG
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD