Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 04 Agustus 2011

Retribusi Parkir Belum Ditarik

Drs. Cyprianus Nono
Sampai dengan saat ini, retribusi parkir kendaraan di tepi jalan umum di Kota Tambolaka, belum ditarik Dinas Perhubungan, Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD).

Padahal, perparkiran merupakan salah satu sumber penghasilan daerah yang bisa diandalkan.
Pantauan Pos Kupang, kendaraan umum baik bus, truk, bemo dan juga sepeda motor, memarkir bebas kendaraan di jalan umum tanpa ditarik retribusi. Di tempat lain, retribusi parkir merupakan salah satu sumber penghasilan daerah yang cukup menjanjikan.

Di jalan umum di kawasan pertokoan, mulai dari depan Gereja Katedral Waitabula hingga Stadion Galatama, Tambolaka, kendaraan umum bebas memarkir tanpa dipungut retribusi. Sejumlah pengendara roda empat dan sepeda motor malah bingung ketika ditanya tentang retribusi parkir. Mereka mengakui selama ini belum ada kebijakan menarik retribusi dari setiap kendaraan yang parkir di jalan umum.

Kepala Dinas Pendapatan, Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (PPKAD) SBD, Drs. Cyprianus Nono, kepada Pos Kupang di Tambolaka, Senin (1/8/2011), mengakui sejauh ini belum ada pemasukan daerah dari sektor parkir. “Belum ada pemasukan karena belum ditarik,” kata Nono.
Nono juga membenarkan kalau retribusi parkir ditarik dari kendaraan, akan memberikan pemasukan untuk daerah. “Masih dibenahi sehingga ke depan bisa ditarik,” kata Nono.

Sebelumnya, Sekretaris Dishubkominfo SBD, John Tende, S.H, juga membenarkan belum ditariknya retribusi parkir dari kendaraan umum. Tende mengakui rugi kalau retribusi parkir tidak ditarik dari pemilik kendaraan.

Tende mengakui, sekarang Dishubkominfo masih berkonsentrasi pada pembenahan-pembenahan kendararan, seperti izin trayek, penertiban pengemudi ojek, pembekalan kepada para pengendara tentang etika berlalulintas.



Penulis : TONY KLEDEN
Sumber : Pos Kupang Cetak
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD