Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 21 Agustus 2011

Masyarakat Untung Jika Tanah di Tanjung Karoso Terjual


Pantai Tanjung Karoso - Kodi - SBD

"Masyarakat justru merasa untung tanah itu bisa dijual daripada tidak digarap. Ada yang membelinya, syukurlah," kata Yosep Rangga Tene, Kepala Desa Kalela Rongngo.

Kepala Desa Kalela Rongngo, Yosep Rangga Tena, membenarkan kalau kawasan di pesisir Tanjung Karoso ini sudah dikapling pemodal.
Menurut  Yosep, warga setempat atau pemilik tanah belum jauh berpikir dan melihat potensi wisata dari kawasan pantai di situ. Karena itu mereka melepas tanah itu tanpa banyak berpikir keuntungan ekonomisnya untuk jangka panjang.
"Masyarakat justru merasa untung tanah itu bisa dijual daripada tidak digarap. Ada yang membelinya, syukurlah. Begitu yang dipikirkan masyarakat," kata Yosep.
Dari pengamatan Pos-Kupang. Com, Kabupaten SBD memiliki sejumlah pantai indah yang menyajikan pesona pemandangan laut yang menakjubkan.
Selain Tanjung Karoso, SBD punya Pantai Mananga Aba yang sedang ditata oleh pengusaha pariwisata Bali, Aloysius Purwa, MBA.  Purwa bertekad menyulap  kawasan pantai dengan panjang pantai sekitar 10 km ini menjadi Pantai Kuta-nya SBD.
Meski ditentang warga lokal, nama Pantai Mananga Aba diganti menjadi Pantai Kita. Kalau Tanjung Karoso letaknya sekitar 40 km dari Tambolaka, Pantai Mananga Aba cuma berjarak belasan km dari Tambolaka dan masih termasuk dalam wilayah kota.
Saat ini Purwa tengah membangun restoran dan karaoke dua lantai. Rencananya Oktober tahun ini, restoran dan karaoke itu diresmikan. Setelah restoran dan karaoke diresmikan, Purwa akan segera membangun hotel di sebelahnya.
Kabupaten SBD juga punya  Pantai Ratenggaro di Kecamatan Kodi Bangedo. Panaroma pantai ini sungguh indah dan memanjakan mata. Terletak di pantai selatan yang berhadapan dengan Samudera  Hindia,  ombak pantai ini sangat cocok untuk selancar.
Memang letak pantai ini agak jauh dari pusat Kota Tambolaka, tetapi kondisi jalannya yang lurus dan relatif baik, hanya butuh waktu sekitar 45 menit dengan kendaraan untuk tiba di sini. Selain pemandangan yang indah menghadap laut lepas, pasir putihnya juga menawan. Beberapa batu kubur berusia ratusan tahun yang berdiri tegak di bibir pantai juga punya daya tarik yang luar biasa.
Di kawasan pantai ini terdapat dua dusun yang masih kental dengan tradisi aslinya, yakni Ratenggaro dan Wainyapu. Dilihat dari  tepi pantai,  menara rumah-rumah dari dua desa ini menjulang tinggi dan menarik mata. Tak heran, kawasan ini kemudian dikenal dengan sebutan Desa Seribu Menara.
Untuk diketahui, areal di pesisir Pantai Tanjung Karoso, Kecamatan Kodi, Sumba Barat Daya (SBD), sudah banyak dikuasai pemilik modal dari luar daerah.  Dikhawatirkan, lama kelamaan warga SBD menjadi asing di tempat kelahirannya sendiri.
Tanjung Karoso adalah ujung paling barat Pulau Sumba. Pasir putih di pantai ini memanjang melingkar tanjung dengan garis pantai belasan kilometer. Berada di ujung pulau, Tanjung Karoso menyajikan pemandangan pantai yang memesona para pelancong.

Penulis : Tony Kleden
Sumber : Pos-Kupang.Com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD