Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 06 Agustus 2011

Marta Bili : Total untuk Petani

Martha Bili
Sudah banyak warga Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), yang mengenyam pendidikan dan memiliki keterampilan. Tetapi memiliki ijazah dari lembaga pendidikan, memiliki keterampilan khusus, lalu pulang kampung, itu tidak banyak orang.

Salah satu dari sedikit orang itu adalah Marta Bili. Ibu empat anak kelahiran 10 Mei 1981 di Desa Panenggo Edo, Kecamatan Kodi Bangedo, ini mau pulang kampung di tengah pesona dan daya tarik kemajuan di perkotaan. Dia ingin membaktikan ilmu dan keterampilan yang diperolehnya dari SMKN Loli, Waikabubak, Sumba Barat. Di sekolah ini, Marta mengambil jurusan agronomi pertanian dan lulus tahun 2000.

“Memang kaget juga waktu pengangkatan tahun 2009 dan ditempatkan di sini menjadi tenaga penyuluh pertanian. Tetapi saya senang, karena dengan tugas itu saya bisa lebih dekat dengan para petani,” kata Marta kepada Pos Kupang di Desa Panenggo Edo, Selasa (2/8/2011) pagi.

Desa ini berjarak sekitar 65 km dari pusat Kota Tambolaka. Menghadap ke pantai selatan, desa ini juga menyajikan panorama yang memanjakan mata. Tidak ada arus listrik dari jaringan listrik PLN. Untuk penerangan malam hari, sebagian warga menggunakan lampu neon dengan energi matahari.

Di tengah kondisi seperti ini, Marta membaktikan diri, ilmu dan keterampilannya. Dia total memberi diri bagi para petani di sini. Apalagi suaminya, Yonatan Kondo, juga seorang petani. Dia seolah ingin membalikkan plesetan pulang pergi lapangan yang kerap dialamatkan kepada para tenaga PPL yang lebih banyak tinggal di kota.
Tidak malu kerja dengan petani? “Oh, sama sekali tidak. Justru saya senang tinggal di sini karena lebih dekat lagi dengan para petani. Kemasyarakatan mereka juga tinggi,” katanya.

Marta berharap, pengetahuan dan keterampilan tentang pertanian yang dia sumbangkan bisa bermanfaat bagi para petani di desanya. “Harapan saya jelas, agar petani semakin sukses, semakin sejahtera dan tercapai apa yang mereka cita-citakan,” kata Marta.

Sebelum ditempatkan menjadi tenaga PPL di Desa Panenggo Edo, Marta mendedikasikan dirinya sebagai tenaga tata usaha di SMAN 1 Bondo Kodi selama sembilan tahun dari tahun 2000 sampai 2009.

Penulis : TONY KLEDEN
Sumber : Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD