Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 15 Agustus 2011

Mantan Pencuri Disiapkan Jadi Komandan Upacara HUT RI


Jika di tempat lain, komandan upacara pengibaran bendera memperingati HUT Kemerdekaan RI berasal di kalangan militer, maka di salah satu desa di Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), seorang bekas komandan pencuri akan menjadi komandan upacara peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan tahun ini.
Adalah Matius Kailo Mete, seorang bekas komandan pencuri di desanya yang ditunjuk menjadi komandan upacara peringatan detik-detik Proklamasi RI, Rabu (17/8/2011). Matius telah bertobat dan meninggalkan profesi lamanya sebagai pencuri sejak diajak bergabung dengan Yayasan Donders Waitabula.
Peringatan detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ini difasilitasi oleh Yayasan Donders Waitabula. Menurut Ronny, salah seorang staf Yayasan Donders, peringatan detik-detik Proklamasi gaya baru ini sengaja dilakukan dengan melibatkan masyarakat yang selama ini terkesan terpinggirkan dan cuma jadi penonton.
Peringatan detik-detik Proklamasi gaya baru ini akan diikuti warga dari desa binaan Yayasan Donders, yakni Desa Kalena Rongngo (Kecamatan Kodi Utara) dan Desa Ate Dalo (Kecamatan Kodi). Lapangan upacaranya di Desa Ate Dalo, tempat yang disiapkan untuk didirikan Uma Peghe (Rumah Pintar) oleh Yayasan Donders.
Serba Unik
Pada peringatan detik-detik Proklamasi, jelas Ronny, akan ada parade kehormatan para petani. "Para petani akan berbaris dan berparade membawa cangkul dan alat-alat pertanian lainnya," kata Ronny.
Perayaan HUT ke-66 Kemerdekaan RI tahun ini di Ate Dalo tidak hanya diiisi dengan upacara bendera, tetapi juga diisi dengan aneka perlombaan yang unik-unik.
Selain itu, juga akan digelar pameran makanan lokal, malam hiburan dan pemutaran film kemerdekaan. Masyarakat sendiri yang akan menjadi panitianya. "Biar masih kaku-kaku tidak apa-apa, yang penting mereka bisa jadi panitia dan selenggarakan sendiri. Tahun depan pasti sudah ada pengalaman sehingga akan menjadi lebih baik lagi," kata Ronny.
Sebagaimana disaksikan Pos Kupang, Sabtu (13/8/2011) petang, warga di dua desa ini telah menyiapkan lapangan upacara, panggung hiburan dan arena pameran. Mereka sangat antusias dengan serangkaian acara ini.



Sumber :  tribunnews.com


Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD