Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 07 Agustus 2011

Listrik Mati Hidup, Pelanggan Mengeluh

Pelayanan listrik oleh PLN Ranting Tambolaka, Kabupaten Sumba Barat Daya, dikeluhkan oleh pelanggan karena sering mati hidup. Pihak manajemen PLN beralasan pemeliharaan dan pembersihan jaringan yang agak mengganggu pelayanan.

Dari pengalaman dan pantauan Pos Kupang sepekan terakhir, listrik PLN sering padam. Pekan lalu pemadaman terjadi hampir terjadi setiap hari. “Hampir tiap lima menit terjadi pemadaman,” kata Fransiska Felisitas Ndruru, warga Taorara, Tambolaka, kepada Pos Kupang, Jumat (5/7/2011).

Pemadaman mendadak juga dikeluhkan banyak pengelola usaha seperti fotokopi, warnet, warung. “Listrik mati pak,” kata seorang penjaga sebuah warnet, pekan lalu.
Kepala PLN Ranting Tambolaka, Blasius Gani, ketika dikonfirmasi, kemarin, mengatakan, pemadaman yang terjadi belakangan akibat pemeliharaan dan pembersihan jaringan. “Itu karena pemeliharaan dan pembersihan jaringan. Tetapi pemadaman terus menerus itu mungkin tidak, tetapi memang ada pemeliharaan jaringan,” kata Gani.


Rekening melonjak

Selain keluhan tentang pemadaman, banyak pelanggan juga mengeluhkan melonjaknya rekening bulanan. Fransiska Felisitas Ndruru punya pengalaman buruk ketika membayar listrik.

Dia heran dengan 1300 Kwh, dia biasa membayar tidak lebih dari Rp 200 ribu. Nyatanya pada bulan Maret lalu dia membayar Rp 733.120, pada bulan April turun menjadi Rp 389.865, bulan April turun lagi menjadi Rp 88.800. Apesnya pada bulan Juni naik lagi menjadi Rp 634.035, bulan Juli turun lagi menjadi Rp 359.457.

“Aneh sekali rekeningnya kok naik turun. Mereka catat bagaimana tuh, bisa turun naik seperti itu,” keluh Fransiska.
Fransiska mengeluh juga dengan petugas pencatat meteran. “Kita kastau, tapi petugas bilang lapor saja ke PLN,” kata Fransiska.

Pengalaman sama juga diungkapkan seorang warga Homba Karipit, Kecamatan Kodi Utara. “Mama saya usir petugas PLN karena rekeningnya membengkak. Dia bilang, kamu jangan bikin bodoh saya. Saya juga sekolah seperti kau,” tutur warga Homba Karipit itu.


Penulis : TONY KLEDEN
Sumber : Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD