Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 05 Agustus 2011

HIV/AIDS SBD URUTAN KEDUA DI PULAU SUMBA

Perkembangan penularan HIV/AIDS di Kabupaten Sumba Barat Daya menurut laporan Dinkes NTT sampai dengan Mei 2011 ada 10 kasus yang di temukan dan 2 diantaranya meninggal.

Hal tersebut disampaikan Pengelola Program Komisi Penanggulangan AIDS-KPA Provinsi NTT kepada Moripanet Online (Rabu 03/08/2011). Menurut Gusti, Untuk pulau sumba Kabupaten SBD peringkat kedua tertinggi setelah Kabuapten Sumba Timur, namun bukan berarti angkanya tidak akan bertambah karena hal ini tergantung kemauan yang baik dari setiap masyarakat, terutama golongan masyarakat berisiko untuk mendatangi klinik VCT untuk memeriksakan dirinya. "sampai saat ini Klinik VCT di pulau sumba hanya ada di Waingapu Kabupaten Sumba Timur" ujar gusti.

Ditanyakan mengenai penanganan HIV/AIDS di SBD Gusti mengatakan penanganannya masih pelan, tapi bergerak ke arah lebih baik. "KPA SBD sudah terbentuk sejak 2 tahun terakhir hanya belum ada aktifitas, belum ada kegiatan yang berarti termasuk pembenahan data makanya saya bilang pelan tapi itu hari kemarin, kita mau liat kedepan apa yang mesti dilakukan itu lebih penting karna KPA bertugas memimpin upaya penanggulangan AIDS di daerah" Jelas gusti.

Menurut Gusti, untuk menekan angka penyebaran HIV AIDS di SBD langkah pertama yang harus dilakukan mengkatifkan KPA melalui pengaktifan sekretariat KPA, untuk itu KPA yang diketuai oleh Bupati mesti menjalankan fungsi kepemimpinan, sedangkan hal teknis ikoordinir oleh sekretaris KPA Kabupaten dengan mendorong keterlibatan semua komponen baik Pemerintah maupun non pemerintah sesuai tugas dan fungsi masing-masing.

Gusti menambahkan, hal sederhana yang bisa dilakukan adalah Rapat Rutin untuk koordinasi dan evaluasi pelaksanaaann program dan sebagai langkah awal adalah KPA mesti menetapakan rencana strategis penanggulangan AIDS DI Kab SBD yang sejalan dengan RPJMD dengan menetapkan renstra. "kita tahu apa yang mau kita capai dan siapa berbuat apa" ujar gusti.

Secara umum arah penanggulangan AIDS bertujuan untuk mencegah orang tidak terinfeksi HIV, meningkatkan kualitas hidup orang yang sudah terlanjur terinfeksi HIV, mengurangi dampak sosial ekonomi akibat epidemi AIDS dan menciptakan lingkungan yang kondusif. Untuk mencapai tujuan inilah maka peran semua sektor dan lembaga non pemerintah menjadi sangat strategis, Lanjut Gusti.

Gusti berharap, kedepan program tentang penanggulangan AIDS yang diusulkan SKPD yang benar-benar efektif dan efisien dan SKPD perlu menentukan prioritas. Kurangi penyuluhan-penyuluhan yang tidak efektif dan penyuluhan massal yang tidak efektif mesti dikurangi dengan menggunakan prinsip dana seminim mungkin, memberi dampak yg besar untuk menekan laju epidemi. (snd)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD