Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 17 Agustus 2011

Hasil Polling, SBD dipilih untuk jadi daerah Pariwisata

Jika anda sering mengunjungi website http://moripanet.blogspot.com atau http://www.moripanet.com tentunya anda pernah membaca polling yang sudah dilakukan sejak tanggal 22 mei 2010. Di Polling tersebut situs moripanet online menanyakan "Jika SBD harus diidentikan dengan icon daerah, menurut anda SBD lebih cocok dikenal sebagai "Daerah" Apa?" dari pertanyaan tersebut terdapat pilihan Pertanian dan perkebunan, Peternakan, Perikanan, Pariwisata, dan satu pilihan untuk Lainnya.



Polling tersebut tanggal 17 Agustus 2011 pukul 00.00 WITA dari hasil polling terdapat 700 voters (pemilih) yang mengikuti polling yang berlangsung lebih dari satu tahun ini.

Hasil poling menunjukan 55,71 % atau mayoritas Voters memilih Pariwisata menjadi icon daerah yang paling tepat diberikan untuk Sumba Barat Daya, sedangkan 34,29 % memilih Pertanian dan perkebunan untuk menjadi icon SBD. Plihan Peternakan medapat porsi voters 4,29 % sedangkan Perikanan 1,43 % sementara itu pilihan lainnya dipilih oleh 4,29 %.

Count
Percent



Country
Overall






Pertanian & Perkebunan   24     34.29%     34.29%
Peternakan    3    4.29%     4.29%
Perikanan    1    1.43%     1.43%
Pariwisata   39    55.71%     55.71%
Lainnya    3    4.29%     4.29%
 
Salah satu voter Anonim dalam commentnya menuliskan, "saya tertarik dengan prosentase besar tentang pilihan terhadap SBD sebagai tempat pariwisata dan juga sangat mendukung tentang Sumba yang menjadi pusat wisata. Namun ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan dan ini merupakan tugas berat pemerintah daerah dan tanggungjawab semua masyarakat sumba"

Voter tersebut juga mennambahkan beberapa point masukan, menurutnya Indahnya sebuah daerah wisata, bukan hanya dilihat dari indahnya alam tetapi yang paling penting adalah menciptakan budaya manusia yang ramah sehingga para wisatawan merasakan indahnya hati orang sumba yang ramah. selain itu Pemerintah daerah perlu merencakan dan menjalankan program peningkatan kemampuan manusiawi atau sumber daya manusia yang handal. Contoh kecil, membuka kursus-kursus bahasa ingris di banyak tempat agar kaum muda khususnya dan masyarakat umumnya bisa berkomunikasi dengan para wisatawan asing. Lebih penting lagi bagi jajaran dinas pariwisata mempuanyai kemampuan komunikasi dengan dunia international.

Hal yang juga perlu diperhatikan menurutnya adalah  budaya apa yang paling unik di sumba? Keunikan seuatu budaya sangat penting. Karena itu perlu di angkat, ditata dan lebih diperindah lagi. Keunikan artinya, keindahan budaya dan alam sumba hanya di sumba saja, di tempat lain tidak ada. Pasola mungkin? atau apa yang perlu diangkat lagi dari aspek budaya sehingga menarik perhatian para wisatawan. Apa yang unik bagi orang sumba barat daya?.

sebagai point terakhir menurut voter tersebut Wisatawan kebanyakan datang dari negara kaya. Karena itu, tugas berat pemerintah daerah adalah bagaimana menyediakan sarana dan prasarana serta akomodasi yang memadai. Misalnya perlu bekerja sama dengan para investor asing atau para pengusaha besar dalam negri untuk membangun hotel, restaurant, supermarket ber-standar international yang bisa melayani para wisatawan asing.

Tentunya dari polling yang dilakukan situs Moripanet Online tidak dapat dijadikan legitimasi tentang apa yang diinginkan masyarakat SBD, namun dengan adanya polling ini setidaknya dapat menujukan adanya harapan besar adanya perhatian untuk pariwisata SBD ke depan (snd).


Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD