Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 10 Agustus 2011

Dana Mami Sekda Dihentikan

Dana makan minum (Mami) senilai Rp 99 juta yang dialokasikan untuk Sekda Sumba Barat Daya (SBD) tidak dilanjutkan untuk dianggarkan lagi dalam tahun anggaran 2012.
Sikap ini diambil pemerintah menjawabi kritikan Dewan setempat yang beralasan sekda bukan pejabat pemerintah.

Sebelumnya, dalam beberapa kali rapat  pembahasan pertanggungjawaban pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2010 dan laporan keterangan pertanggungjawaban Bupati SBD, kalangan Dewan secara tajam menyoroti alokasi anggaran mami untuk sekda ini.
Fraksi Partai Demokrat, misalnya, dalam  pemandangan umum fraksi, Rabu (27/7/2011),  menanyakan penjelasan pemerintah tentang pengalokasian dana mami ini.

Pemerintah dalam jawabannya atas pemandangan umum fraksi, Kamis (28/7/2011), mengajukan alasan bahwa pengalokasian dana itu didasarkan ketentuan perundang-undangan dengan memperhatikan aspek kepatutan dan kewajaran sebagai prinsip dasar pengelolaan belanja daerah.

Beberapa ketentuan itu antara lain Surat Gubernur NTT tentang Pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sumba Barat Daya Tahun Anggaran 2010, Peraturan Daerah Nomor 14 Tahun 2009  tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sumba Barat Daya Tahun Anggaran 2010, Peraturan Bupati Sumba Barat Daya Nomor 25 Tahun 2010 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sumba Barat Daya Tahun Anggaran 2010, Dokumen Pelaksanaan Anggaran (DPA) Bagian Umum pada Sekretariat Daerah Tahun Anggaran 2010.
Meski sudah diberi penjelasan dengan pendasaran seperti di atas, Dewan tetap menyoroti pengalokasian dana mami ini.

Dewan beralasan sekda bukan pejabat negara, tetapi pejabat struktural. Karena terus disoroti, pemerintah dalam jawabannya pada rapat paripurna V, Senin (1/8/2011), menyetujui tidak mengalokasikan lagi anggaran mami untuk sekda pada tahun anggaran 2012. Badan Anggaran mendukung dan memberi apresiasi.

Menurut  Bupati Kodi Mete dalam jawaban pemerintah itu, belanja  makan minum sekda itu merujuk pada ketentuan aturan perundang-undangan dengan memperhatikan aspek kepatutan dan kewajaran sebagai prinsip dasar pengelolaan belanja daerah.

Bupati Kodi Mete menyebut beberapa ketentuan yang menjadi dasar  belanja makan minum  sekda, antara lain Surat Gubernur NTT tentang Pengesahan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sumba Barat Tahun Anggaran 2010; Perda Nomor 14 Tahun 2009  tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sumba Barat Daya Tahun Anggaran 2010; Peraturan Bupati Sumba Barat Daya Nomor 25 Tahun 2010 tentang Penjabaran Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Kabupaten Sumba Barat Daya Tahun Anggaran 2010. Bupati Kodi Mete juga menjelaskan, dana makan minum di  rumah jabatan Sekda itu tidak menjadi temuan BPK RI terhadap laporan keuangan Pemda SBD.


Penulis :Tony Kleden
Sumber : Pos Kupang
Comments
1 Comments

1 komentar:

Anonim mengatakan...

adohhhhhhhhhhhhhhhhhhhhh............... pak polceeeeeeeeeeeeeeeee...............

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD