Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 04 Agustus 2011

60 Anak di NTT Terinfeksi

Sebanyak 60 anak usia 0-15 tahun di Nusa Tenggara Timur terinfeksi virus HIV. Jumlah kasus HIV/ AIDS se-NTT per Desember 2010 mencapai 1.335 kasus, naik hampir 100 persen dibanding tahun 2009 yang ada 670 kasus.

Ada 40 kasus HIV/AIDS pada anak usia 0-5 tahun dan 20 kasus pada usia 5-15 tahun. Mereka tertular melalui orangtuanya.

Pengelola Program Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Provinsi NTT, Gusti Brewon, Kamis (10/3) di Kupang, mengatakan, ”Jumlah kasus naik cepat karena sebelum 2009 banyak kabupaten/kota belum melapor. Kasus HIV/AIDS menyebar cepat, 93 persen melalui hubungan heteroseksual. Jumlah yang tercatat di dinas kesehatan provinsi belum mewakili semua kasus HIV/AIDS di NTT.”

Dalam pertemuan advokasi HIV/AIDS se-Pulau Sumba yang dipimpin Sekretaris KPA Nasional Nafsiah Mboy, Kamis, pemerintah empat kabupaten di Sumba mengakui, banyak kasus HIV/AIDS di daerah itu belum terdata.

Berdasarkan data Dinkes NTT, HIV/AIDS di Sumba Timur 12 kasus, ternyata laporan terbaru Dinkes Sumba Timur 34 kasus, di Sumba Tengah belum ada kasus, ternyata ada sembilan kasus, dan di Sumba Barat Daya dua kasus, ternyata 10 kasus. Hal serupa terjadi di 17 kabupaten/kota lain di NTT.

Persoalan utama bukan banyak atau sedikitnya kasus, tetapi bagaimana upaya mengatasinya. HIV berkembang cepat terkait mobilitas penduduk dan kemiskinan yang menimpa 1,3 juta warga di NTT. Gizi buruk mempercepat perkembangan HIV.

Menurut Brewon, tidak hanya warga biasa, petugas kesehatan pun belum semuanya memahami masalah HIV/AIDS. Hal itu diakui Frengki Touw, dokter di Rumah Sakit Umum Yohannes, Kupang


Sumber : Kompas
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD