Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 03 Agustus 2011

100 Rumah Translok Dibangun di Kodi

Tahun 2012 mendatang  masyarakat di Desa Walandimu, Kecamatan Kodi Bangedo, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), mendapat bantuan perumahan dari Dinas Sosial, Tenaga Kerja  dan Transmigrasi Sumba Barat Daya (SBD).  Rumah-rumah ini dibangun untuk membantu masyarakat yang sejauh ini belum memiliki rumah layak huni.

Kepada Pos Kupang di ruang kerjanya, Sabtu (30/7/2011), Kepala Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi SBD, Bernardus Bulu menjelaskan, dana pembangunan 100 unit rumah ini berasal dari pusat. Ada dua sumber anggaran, yakni  anggaran dari P2KT (Pembukaan Pemukiman Transmigrasi) dan  P2MKT (Pembinaan dan Penempatan Pemukiman Transmigrasi). “Untuk proyek  P2KT dananya sekitar Rp 6 miliar, sedangkan untuk P2MKT sekitar Rp 4 miliar,” kata Bulu.
Desain rumah ini,  jelas Bulu, sudah ada, tinggal dikerjakan.  “Ini rumah standar dengan ukuran 6 x 7 meter,” katanya.

Tipe rumah dinding tembok, lantai semen, atap seng dua buangan air. Setiap rumah dialokasikan lahan seluas 2 hektar. “Seperempat hektar untuk rumah dan pekarangan, 3/4 hektar untuk lahan usaha satu,  dan 1 hektar untuk lahan usaha dua. Dua lahan usaha ini ada di belakang setiap rumah,” katanya.

Lahan yang digunakan untuk pembangunan 100 unit rumah ini, kata Bulu, berasal dari lahan masyarakat yang tidak diolah.  Masyarakat sudah menyerahkan tanah  untuk dibangun unit pemukiman ini. “Program ini juga untuk mendukung empat isu strategis Pemkab SBD, yakni Desa Berair, Desa Bercahaya, Desa Berkecukupan Pangan dan Desa Aman dan Tenteram,” katanya.

Di kawasan perumahan ini, jelas Bulu, juga akan dibangun fasilitas umum seperti polindes, jalan poros dan jalan desa. “April tahun depan sudah mulai dibangun. Diharapkan pada bulan Oktober sudah bisa diresmikan,” ujarnya.
Saat ini, jelas Bulu, ada warga masyarakat yang sudah mendaftar. “Tetapi kita perlu seleksi  lagi, siapa-siapa yang dapat rumah itu,” katanya.

Budidaya Ikan

Selain membangun 100 unit rumah, Bulu juga mengatakan, sekitar September tahun ini, enam desa di SBD juga akan mendapat dana dalam paket program Dana Keserasian Sosial. Dana ini dialokasikan untuk desa-desa yang rawan konflik.
“Substansinya adalah mengatasi pengangguran. Kita siapkan dana agar masyarakat bisa terlibat dalam usaha-usaha produktif. Setiap desa akan mendapat dana 114 juta,”  kata Bulu.

Dana sebesar ini, kata Bulu, akan dimanfaatkan sebagai proyek padat karya produktif budidaya ikan air tawar. “September paling lambat sudah jalan. Dana ini akan masuk ke rekening kelompok di setiap desa. Kita hanya akan mengontrolnya,” kata Bulu.
Setiap kelompok terdiri dari 60 orang. Mereka tergabung dalam Forum Keserasian Sosial yang dibentuk oleh Dinas Sosial, Tenaga Kerja  dan Transmigrasi setempat.



Penulis : TONY KLEDEN
Sumber : Pos Kupang Cetak

Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD