Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 15 Juli 2011

PEMEKARAN WEWEWA TIMUR UNTUK MENDEKATKAN PELAYANAN PADA MASYARAKAT

Kondisi Kecamatan  Wewewa Timur,yang memiliki luas wilayah 249,55m2 atau  sepertiga dari luas Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), dengan penduduk sebesar 53,995 jiwa yang tersebar pada 20 desa, tidak efektif lagi  menjadi  satu wilayah kecamatan,karena beban seorang camat dengan kondisi wilayah  seperti ini dalam melaksankan tugas pelayanan   pemerintahan,pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan menjadi sangat berat dan sulit serta berdampak pada proses pencapaian  kesejahteraan masyarakat. karena itu, muncul pemikiran dari berbagai pihak untuk memekarkan kecamatan ini  menjadi dua wilayah administratif, yakni Kecamatan Wewewa Timur dan  Kecamatan Wewewa Tengah,sehingga dengan  demikian,rentang kedali pelayanan  dalam tugas pemerintahan,pembangunan dan pelayanan kemasyarakatan lebih dekat

Hal tersebut disampaikan Asisten Administrasi Pembangunan dan Kesejahteraan Sosial, Setda Kabupaten Sumba Barat Daya, Imanuel Horo,SH. pada acara sosialisasi rencana pemekaran Kecamatan Wewewa Tengah, beberapa waktu lalu di  Aula kantor Kecamatan WewewaTimur.

Menurut Imanuel, sesuai PP Nomor 19/2008 tentang Kecamatan yakni pembentukan, penyatuan dan penghapusan kecamatan mengisyaratkan  3 (tiga) aspek penting   untuk pemekaran wilayah kecamatan yakni: pertama;Aspek Administratif,mencakupi  antara lain; dukungan dari Badan Perwakilan Desa (BPD), dan Surat Keputusan Kepala Desa, bagi wilayah desa yang bergabung,Rekomendasi  Gubernur. kedua; Aspek fisik wilayah (aspek tata ruang) tersedianya lokasi yang cukup luas, adanya sarana prasarana pemerintah, cakupan wilayah desa yang bergabung minimal 10 desa. ketiga;Aspek teknis,jumlah penduduk,rentang kendali menjangkau wilayah cakupan, aktifitas ekonomi, serta sarana dan prasarana pemerintah listrik dan air minum,dll.

Ketiga aspek ini, lanjut Imanuel secara kasat mata hampir sudah dipenuhi oleh wilayah kecamatan yang rencana akan dimekarkan. Dan aspek yang paling penting adalah”hati”,apakah kita bersedia atau tidak untuk menerima pemekaran tersebut? tegas Imanuel.

Diakui oleh camat Wewewa Timur, M.Christian Taka, dalam acara itu. bahwa ide rencana pemekaran Kecamatan ini sudah ada sebelum pemekaran Kabupaten Sumba Barat Daya menjadi daerah otonom sendiri, bahkan panitianya sudah terbentuk dan bekerja sampai pada penentuan wilayah desa cakupan serta penentuan lokasi calon  ibu kota kecamatan yang baru, namun hal ini terkendala karena adanya kebijakan pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk penanguhan sementara pemekaran wilayah kecamatan, desa karena lebih terkonsentrasi pada pemekaran Kabupaten Sumba Barat waktu itu.
Taka mengakui, selaku Camat cukup menemui banyak kendala dalam pelaksanaan tugas, sehubungan dengan luas wilayah kecamatan  yang terdiri dari 20 desa. Dan jika niat untuk pemekaran ini  terwujud, maka kerja seorang camat akan lebih ringan serta rentang kendali pelaksanaan tugas pemerintahan, pembangunan serta pelayanan kemasyarakatan pasti lebih dekat,yang berdampak pada kesejahteraan”, tuturnya.

Disisi lain menurut Taka, berdasarkan aturan yang baru yakni PP nomor 19/2008, tentang pemekaran kecamatan mengisyaratkan 10 wilayah desa cakupan, kaitan dengan hal tersebut diatas maka ke-sepuluh desa yang bergabung agar membangun komitmen bersama, untuk menelorkan sebuah keputusan yang terbaik, karena pada prinsipnya pemekaran bukan pemisahan tetapi pembagian berdasarkan wilayah adminstatif untuk mendekatkan rentang kendali pelayanan”,tegas Taka.

    Dalam acara tersebut yang dihadiri oleh  17 orang  kepala desa serta  ketua Badan Per wakilan Desa (BPD) pada masing-masing desa, pada babak dialogis cukup memberikan tangapan yang sangat positif terhadap rencana tersebut dan merekomendasikan  kepada tim kabupaten  untuk tetap melakukan kajian-kajian teknis dan akademik untuk mewujudkan sebuah hasil yang baik.
Sumber : Siaran Pers Bagian Humas setda Kabupaten Sumba Barat Daya

Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD