Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 29 Juli 2011

DeMAM di SBD : Alokasi Dana Tidak Utuh

Pengalokasian dana program Desa Mandiri Anggur Merah (DeMAM) ada yang tidak utuh. Di Desa Weepangali, Kecamatan Loura, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), dari dana yang dialokasikan Rp 250 juta, yang masuk ke rekening Desa Weepangali hanya Rp 248 juta lebih.

“Kita harus buat lagi proposal untuk sekitar Rp 1 juta lebih guna menggenapkan dananya menjadi Rp 250 juta,” kata Kepala Desa Weepangali, John Gheli, kepada Pos Kupang, Jumat (22/7/2011).

Kekurangan dana itu,  jelas Gheli, tidak hanya pada Desa Weepangali. Ada desa  yang hanya dapat Rp 200 juta.  Sisa Rp 50 juta belum dicairkan. “Dalam rapat kami juga tanyakan ini kepada Bappeda dan orang bank, tetapi mereka juga tidak tahu mengapa masih kurang,” kata Gheli.

Pendamping Kelompok Masyarakat (PKM) Desa Weepangali, Maria Tuty Holinda Bai, S.E, ditanya Pos Kupang tentang kekurangan dana ini menjelaskan, kekurangan itu terjadi akibat kesalahan pengetikan di tingkat kelompok, bukan dipotong dari propinsi. A

rtinya, dana Rp 250 juta itu benar-benar dialokasikan untuk setiap desa yang berhak mendapatkannya. “Kami sudah bikin proposal tambahan untuk ajukan lagi dana yang sisa itu, sehingga jadi genap Rp 250 juta,” kata Tuty.

Tuty mengatakan, dana senilai Rp 250 juta untuk setiap desa itu sudah masuk ke rekening desa. “Dana itu akan dikirim lagi ke rekening ketua kelompok, sekarang bank akan turun ke desa-desa dan membuka rekening para ketua kelompok,” jelasnya.
Jika semua urusan administrasi beres, kata  Tuty, dana bantuan itu akan cair akhir Juli atau awal  Agustus mendatang.

Saat ini 15 KT DeMAM di Desa Weepangali, Kecamatan Loura, sedang bersiap-siap menerima kucuran dana. Para ketua kelompok di desa ini diminta segera membereskan Kartu Tanda Penduduk (KTP) untuk membuka rekening kelompok guna pencairan dana.

Ketua Kelompok Tani  Radda Kua, salah satu  dari 15 kelompok tani di desa ini, Adolf  Bobo,  kepada Pos Kupang di rumahnya, Jumat (22/7/2011), mengatakan, pendamping PKM Desa Weepangali, Maria Tuty Holinda Bai, S.E,  panjang lebar menjelaskan kepada semua  anggota Kelompok Tani Desa Mandiri Anggur Merah Weepangali  tentang segala ihwal terkait pemanfaatan dan peruntukan dana yang akan segera dicairkan.

Bobo mengatakan, sebagai masyarakat desa pihaknya sangat mendukung program Pemda NTT ini. “Kita di kelompok sudah berjanji akan mengelola dana ini dengan penuh tanggung jawab,” kata Bobo.

Kepala Desa Weepangali, John Gheli, membenarkan apa yang dikemukakan  Adolf Bobo. Menurut Gheli, saat ini para ketua kelompok diminta segera menyiapkan KTP-nya untuk kepentingan pencairan dana. Sekarang bank lagi keliling bagi rekening kepada para ketua kelompok, kata Gheli.



Sumber : Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD