Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 09 Juni 2011

Pahlawan Lingkungan Soleman Ngongo





Pada peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Istana Negara, Selasa (7/6) siang, Presiden Susilo Bambang Yudhoyono memberikan penghargaan kepada 101 insan, kota, dan lembaga yang memiliki kepedulian pada lingkungan sekitarnya. Penghargaan Kalpataru, Adipura, Adiwyata Mandiri, serta Penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) 2010 diberikan kepada mereka yang berjasa di bidang lingkungan hidup.

Salah satu penerima Kalpataru untuk kategori Pengabdi Lingkungan adalah Soleman Ngongo yang berasal dari Desa Tematana, Kecamatan Wawena Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur. Ia mengabdikan diri selama 40 tahun sebagai penjaga pintu air. Selain menjaga pintu air, di kawasan sumber mata air desanya, Soleman bersama kelompok tani juga menanam dua juta pohon untuk memperbaiki ekonomi produksi sawah seluas 2347 hektar.

Soleman Ngongo merasa senang karena apa yang telah ia lakukan untuk masyarakat NTT diapresiasi pemerintah. Ia juga menjelaskan bahwa tiga tahun kebelakang ini, NTT selalu diguyur hujan. “Jadi kalo tanam padi di sana dobel terus panennya. Lancar, pengairan juga lancar,” kata Soleman gembira.

Menurut Soleman, tugas keseharian yang ia jalankan lebih banyak senang dari pada sedihnya. “Lebih banyak suka sebenarnya, apalagi peraturannya sekarang sudah jelas, tetapi dengan catatan masih banyak yang suka mencuri dari pintu air,” ujar Soleman. Di sekitar sumber air, sekarang juga sudah banyak hewan yang berkeliaran dan itu menandakan ekosistem di NTT sudah mulai pulih.

Jika ada yang berusaha merusak hutan, Soleman tidak sungkan untuk menegur. "Semoga dengan penghargaan yang diterima ini, orang semakin sungkan untuk merusak lingkungan. Karena kalau kita menanam dan ada yang memotong ya percuma. Jadi sekarang stop penebangan hutan secara liar. Kalaupun ada kayu mati tetap tidak boleh dipotong,” Soleman menegaskan.

Sementara itu, dalam sambutannya pada penyerahan penghargaan lingkungan hidup, Presiden SBY mengucapkan selamat, terima kasih, dan penghargaan yang setingi-tingginya kepada semua pecinta, pejuang, dan penggiat lingkungan hidup. Kepada penerima penghargaan Kalpataru, Presiden menyampaikan rasa hormat, kebanggaan dan penghargaannya. “Penerima Kaplataru bukan hanya pahlawan lingkungan, tapi juga pahlawan kehidupan,” kata SBY



Sumber Video : Kompas.com
Sumber Berita : presidensby.info
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD