Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 09 Juni 2011

Ketika Sang Pengabdi Takut Kotori Lantai Istana

Soleman Ngongo layak diteladani, demi menjaga kebersihan lantai Istana Negara, penerima penghargaan Kalpataru kategori Pengadi Lingkungan Hidup ini tak mau memakai alas kaki.

Saat Presiden SBY memberikan penghargaan Kalpataru kepada Soleman Ngongo, Selasa (7/6/2011), Warga Desa Tematana, NTT yang keseharian jadi penjaga pintu air kawasan sumber mata air itu tak menggunakan alas kaki.

Soleman punya alasan khusus mengapa dia tak memakai alas kaki. Penjelasannya sederhana, Soleman tak mau mengotori Istana Negara. "Saya lepas sandal karena takut mengotori Istana," ujarnya.

Istana Negara, simbol kewibawaan pemerintah memang selayaknya dijaga agar tetap bersih dan tidak kotor. Bukan hanya lantainya atau bangunannya saja, melainkan juga kekuasaan yang bertahta harus tetap bersih berpihak kepada rakyat.

Soleman mengaku sudah 40 tahun mengabdikan diri sebagai penjaga pintu air. Di Desa Temtama, Kabupaten Sumba Barat Daya, NTT bersama dengan para petani binaannya dia merawat dengan telaten 240 pintu air primer, 140 pintu air sekunder dan 160 pintu air tersier.

Bahkan, untuk menjaga debit air, dia dan kelompok tani berinisiatif melakukan penanaman 2 juta pohon di tanah adat dan tanah milik. "Hutan-hutan tidak ada, sebagian besar ditebang tebang masyarakat. Jadi kita usahakan berkumpul dengan masyarakat kita gotong royong menanam pohon. Sebelumnya kita tanam pakai anggaran sendiri 5-6 orang," jelasnya.

Berkaca dari Soleman yang mengabdi tanpa pamrih, sudah selayaknya seluruh anak bangsa hendaknya ikut menjaga kebersihan lingkungan, termasuk 'kebersihan' Istana Negara.

Sumber : Inilah.com
Comments
1 Comments

1 komentar:

Anonim mengatakan...

luarbiasa.....!!!!!!!!

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD