Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 09 Juni 2011

Jaga Pintu Air 40 Tahun, Soleman Ngongo Raih Kalpataru

Ini hari berbahagia bagi Soleman Ngongo. Warga Desa Tematana, Kecamatan Wamena Timur, Kabupaten Sumba Barat Data, Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) ini baru saja menerima penghargaan dari Presiden SBY di Istana Negara, Jakarta, Selasa (7/6/2011). Penghargaan yang diterima Soleman sangat bergengsi. Piala Kaplataru dalam kategori sebagai Pengabdi Lingkungan.


Kepada pers, Soleman mengaku pengabdiannya kepada lingkungan tak tanggung-tanggung. Yah, sekitar 40 tahun lebih usianya dihabiskan di daerahnya menjaga pintu air agar bisa mengairi lahan pertanian serta menjaga kelestarian hutan dari praktik ilegal logging.

"Dulu hutan-hutan tidak ada dan sebagian besar ditebang tebang masyarakat. Jadi kita usahakan berkumpul dengan masyarakat kita gotong royong menanam pohon. Sebelumnya kita tanam pakai anggaran sendiri 5 sampai 6 orang," ujarnya.

Menurut dia selama 40 tahun itu pula dia rajin berdoa kepada Tuhan agar lingkungan tempatnya selalu subur dan kelestarian alamnya terjaga.

"Kita berdoa jadi Bapa (Tuhan) kasih tanda istilahnya. Jadi bersyukur dan kita terima kasih kita," kata dia.

Selain kepada Soleman pada kesempatan itu, Presiden SBY juga menyerahkan penghargaan Kalpataru kepada beberapa orang lainnya. Diluar penghargaan Adipura.

Penghargaan yang diserahkan rutin setiap tahun itu terbagi atas empat kategori untuk Adipura yang diberikan kepada perorangan dan kelompok, serta empat kategori Adipura untuk kota metropolitan, kota besar, kota sedang, dan kota kecil.

Penghargaan juga diberikan kepada kepala daerah tingkat provinsi dan kabupaten/kota untuk penyusun Status Lingkungan Hidup Daerah (LHSD) 2012 terbaik

Kalpataru kategori perintis lingkungan diberikan kepada Sugiarto dari Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur, Marmis Asid dari Nagari Sinurui, Kecamatan Talamau, Kabupaten Pasaman Barat, Sumatera Barat, serta Lulut Sri Yuliani dari Kelurahan Baruk, Kecamatan Rungkut, Kota Surabaya, Jawa Timur.

Kalpataru Pengabdi Lingkungan diberikan kepada Soleman Nugroho dari Desa Tematana, Kecamatan Wamena Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya, Provinsi Nusa Tenggara Timur, Surjadi SP dari Kelurahan Bebalang, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Bali, serta Sudarli dari Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Kabupaten Gunung Kidul, Provinsi Yogyakarta.

Sumber :  Laporan Wartawan Tribunnews.com, Hasanuddin Aco (TRIBUNNEWS.COM)

Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD