Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Minggu, 22 Mei 2011

Hutan Lolo Alle Terancam Punah

Kawasan Hutan Lolo Alle, Desa Weekombak, Kecamatan Wewewa Barat, Kabupaten Sumba Barat Daya, terancam punah. Hampir setiap hari terjadi penembangan liar oleh oknum yang tidak bertanggung jawab.


Untuk mengatasi hal ini, pihak kecamatan bersama Polsek Waimangura dan Polhut Dinas Kehutanan Sumba Barat Daya melakukan patroli rutin ke wilayah hutan tersebut.


Bahkan dalam operasi dua malam terakhir Jumat (6/4/2011) dan (Kamis, 5/5/2011), petugas berhasil mengamankan 50-an kubik kayu dalam kawasan hutan tersebut.


Camat Wewewa Barat, Sumba Barat Daya, Drs. Petrus Ngongo Lede, menyampaikan hal itu kepada Pos Kupang di kantornya di Waimangura, Sabtu (14/5/2011).


Petrus  menjelaskan, kegiatan patroli pengamanan kawasan Hutan Lolo Alle  merupakan patroli rutin/biasa sekaligus mencegah warga yang hendak menebang kayu dalam kawasan itu.


Saat patroli, pihaknya berhasil mengamankan puluhan kubik kayu olahan yang siap dijual. Hal itu berkat laporan warga sekitar kawasan hutan.


Menurutnya, untuk mencegah aksi nekat warga membabat pohon di kawasan hutan itu, selain pemerintah melakukan sosialisasi akan pentingnya menjaga kelestarian hutan, juga mengadakan patroli gabungan karena tidak semua warga menerima keinginan baik pemerintah.


Hal itu dapat terlihat setelah sosialisasi masih  terjadi aksi penebangan pohon. Anehnya, setelah banyak warga ditangkap, oknum warga lainnya masih nekat melakukan hal yang sama.


Karena itu, ia berharap semua komponen masyarakat di Desa Weekombak dan masyarakat di Kecamatan Wewewa Barat umumnya proaktif untuk menjaga keselamatan kawasan hutan Lolo Alle.


Sumber : Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD