Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 22 April 2011

FILM PERJALANAN HIDUP YESUS DENGAN BAHASA WEWEWA

Film tentang kisah Tuhan Yesus dari saat kelahiranNya hingga di salibkan dan bangkit pasti sudah sering kita saksikan penayangannya, baik lewat stasiun TV atau dengan menggunakan media DVD player . Tetapi Film tentang kisah Tuhan Yesus yang satu ini sedikit berbeda dan sangat menarik bagi saya, karna film ini menggunakan dubber (Pengisi Suara) menggunakan bahasa Wewewa yaitu salah satu bahasa yang di pergunakan oleh suku Wewewa kabupaten Sumba Barat Daya.
Film ini berjudul Jesus yang di dasarkan pada Inji Lukas, distribusi oleh oleh Warner Bros pada tahun 1979 dan bahasa yang digunakan adalah bahasa inggris namun rupanya film ini juga telah di terjemahkan dalam 1000 bahasa di dunia. Informasi lebih lanjut tentang produksi film Jesus klik disini.

Sebagai contoh lain dari penggunaan bahasa daerah yang membuat hubungan masyarakat asli Suku Sumba dan Gereja semakin mengakar adalah dengan diterbitkannya Alkitab terjemahan bahasa bahasa kambera (Sumba Timur) pada tahun 1961 dan bahasa wewewa (Sumba Barat pada saat itu) pada tahun 1970 oleh Lembaga Alkitab Indonesia.

Gereja memiliki kecenderungan untuk melakukan inkulturasi dengan budaya dari masyarakat asli di setiap tempat mereka berada selama itu masih sesuai dengan ajaran dan aturan gereja. Film tentang kisah Tuhan Yesus berbahasa Wewewa merupakan bagian dari inkulturasi Gereja dengan penduduk asli di Sumba, yang menurut saya akan sangat berdampak positif bagi perkembangan Gereja di tanah Sumba karna dengan demikian masyarakat Sumba merasa bahwa gereja adalah benar-benar bagian dari mereka.

Perjalanan untuk melestarikan budaya dan tradisi di pulau Sumba tercinta kita masih panjang , dan akan terus bergesekan dengan budaya asing yang masuk dengan gencar melalui berbagai macam media di era gadged dewasa ini. Karna itu peran generasi muda sangat dibutuhkan untuk dapat memfilter segala bentuk penggusuran budaya asli Sumba. Kemajuan peradaban tidak harus dengan menggeser budaya lokal namun bisa saling mengisi dan melengkapi sehingga identitas dan kepribadian daerah tidak pudar melainkan menjadi kekuatan bagi setiap daerah.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD