Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 14 Maret 2011

Kepala BPS Dituntut Satu Tahun Penjara

Kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Kabupaten Sumba Barat, Drs. David Koreh dituntut satu tahun  penjara oleh jaksa penuntut umum/JPU dalam sidang lanjutan di  Pengadilan Negeri (PN) Sumba Barat, Jumat (4/3/2011).  Menurut jaksa, terdakwa terbukti melakukan korupsi dana pembangunan gedung BPS.

Selain itu, terdakwa juga diwajibkan menyetor kembali ke kas negara sebesar Rp 50 juta. Tuntutan jaksa ini disampaikan dalam sidang yang dipimpin ketua majelis hakim Bambang Setiyanto, S.H, dengan hakim anggota, Herberth Uktolseja, S.H dan  Sugiri Griyandono, S.H,M.H,  JPU, Ihsan Asri, S.H, menyatakan menuntut satu tahun penjara karena  perbuatan terdawa melanggar UU Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi.

Sementara kuasa hukum terdakwa, Yohanis Mahemba, S.H, menyatakan siap memberikan pembelaan pada sidang mendatang.

Menurutnya, dalam kasus ini seharusnya JPU  menetapkan Direktur PT Putri Tunggal Gemilang, Jefri Subiyanto, selaku pelaksana proyek pembangunan gedung BPS tahun 2009 dengan nilai Rp1 miliar lebih, sebagai tersangka dan bukan hanya sebagai saksi. Sebab sangkaan memalsukan dokumen administrasi proyek bukan dilakukan kliennya tapi dilakukan Jefri Subiyanto untuk mencairkan dana 100 persen di KPN Waingapu, Sumba Timur Desember 2010 silam.

Apalagi seluruh dana proyek ditranfer langsung ke rekening kontraktor, dan bukan melalui rekening BPS Sumba Barat ataupun rekening pribadi klienya. Padahal saat itu pekerjaan proyek belum selesai.

Karena itu, unsur korupsi tidak terjadi dan karena itu klienya harus dibebaskan dari semua tuntutan demi keadilan hukum.

Kuasa hukum Yohanes Mahemba, S.H, mendesak JPU segera menetapkan Jefri Subiyanto, S.H sebagai tersangka guna mempertanggungjawabkan perbuatannya. Apalagi yang bersangkutan sudah membuat surat pernyataan kesanggupan menyelesaikan pekerjaan proyek sampai tanggal 3 Desember 2010, dan bila sampai batas waktu yang ditentukan belum selesai maka kontraktor siap bertanggungajawab secara hukum. Karena itu, tak ada alasan JPU menjadikannya sebagai saksi dalam persidangan kasus itu

Sumber : Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD