Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 02 Maret 2011

DISCOVER SBD : TANJUNG KAROSO, ELOKNYA PANTAI DIUJUNG SAVANA

Setelah beberapa minggu rehat, selasa siang 15/02/2011 Team Discover SBD kembali berkumpul kali ini jumlahnya anggotanya semaikn banyak karna banyak yang ikut bergabung.  Moripanet Online kali ini diajak untuk mengunjungi pantai tanjung karoso.

Jam 10 pagi Indri Mayasari, Adi Bolo, Shinta Nawa Gah,  Paul leba, Ari Horo, Sandro Dandara, Grace Ati, Ela, Ningsih berangkat menuju Kodi setelah sebelumnya mengisi bensin di di SPBU Torara.
Pantai Tanjung karoso berada di wilayah Kecamatan Kodi Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD). Perjalanan ke Tanjung karoso jika menggunakan kendaraan roda dua kurang lebih 1 jam.

Banyaknya jalan yang berlubang mewarnai perjalanan kami menuju Kodi. Perjalanan kami juga sempat terganggu ketika kami melewati Bukambero karna ada beberapa anak muda yang menimbun lubang di aspal jalan dengan tanah dengan maksud agar pengendara lebih mudah melewati namun untuk usahanya itu mereka meminta upah dari semua pengguna kendaraan bermotor yang melewati jalan tersebut, biasanya pengendara memberikan Rp. 500 atau Rp. 1000. Aksi ini tidak seing dilakukan biasanya hanya pada hari minggu atau hari libur ketika banyak kendaraan yang lewat.

Karna beberapa dari kami bisa berbahasa daerah Kodi maka kami menyapa mereka dan membiarkan kami lewat, tapi beberapa teman kami harus membayar Rp. 1000 karena dihadang.

Setelah memasuki daerah Mangganipi kecamatan Kodi Utara kami mampir di salah satu teman kami Denny Holo, alasan kami mampir untuk mengajaknya ikut dalam perjalanan kami. selain karna Deny warga asli Kodi dan dikenal warga, tanjung karoso merupakan tempat baru buat kami sehingga kami perlu penunjuk jalan dan memastikan perjalanan kami aman.

setelah Denny siap kami melanjutkan perjalanan. Denny menyarankan kami melewati daerah Homba Rande, menurut Denny jalannya jauh lebih baik khususnya  bagi teman kami yang menggunakan motor matic. Untunglah kami membawa Denny yang cukup menghafal kawasan ini karna perjalanan kami selanjutnya dipenuhi dengan berbagai belokan..wah kalau disuruh kembali belum tetntu kami mampu menghafal jalurnya.

Akhirnya kami memasuki ruas jalan yang sekelilingnya hanya hamparan savana yang terlihat..indah sekali. setelah kurang lebih satu kilometer melewati hamparan savana, pantai karoso sudah mulai terihat dari kejauhan..Shinta, Maya dan beberpa teman bersorak diatas kendaraan melihat indahnya pantai tanjung karoso.

Kami pun tiba di pantai tanjung karoso, mengagumi pantai ini hal pertama yang kami lakukan...dan yang berbeda dari pantai tanjung karoso karna banyaknya pepohonan di pinggir pantai yang membuat kita tidak akan kepanasan berada di pantai ini. kami pun mencari posisi yang nyaman untuk berteduh.

Ternyata teman teman yang lain sudah tidak sabaran untuk mengabadikan moment ini. Paul, Shinta, Maya dan beberapa teman segera mencari view yang bagus untuk bidikan kamera tetunya dengan mereka didalamnya.

Denny, Grace dan teman lainnya lebih tertarik melihat beberapa nelayan yang baru pulang melaut dengan membawa ikan segar. Deny sejak awal sudah memberitahu kami kalau ikan disini murah harganya, dan benar 3 ikan segar dengan berbagai ukuran bisa kami dapat dengan hanya Rp.15.000

Kami pun mulai mempersiapkan perapian untuk memanggang ikan, teman lainnya sibuk membersihkan sisik ikan. sewaktu ikan mulai dipanggang teman lainnya memilih bersenda gurau. Sandro yang sejak tadi ingin berenang langsung menceburkan diri.

Pantai tanjung karoso cukup aman bagi siapa saja yang ingin berenang apalagi airnya yang sangat bersih seperti berada di kolam renang. sayangnya karna banyak pepohonan di pinggir pantai, daun daun kering menjadi pemandangan yang kurang nyaman di sepanjang pinggir pantai tapi kita tetap menikmati berada disini karna setidaknya tidak ada sampah plastik yang bertebaran.

Setelah ikan panggang siap kami pun berkumpul dan menikmati bersama. Semua teman juga mengeluarkan bekal masing masing dan kemudian menghabiskan waktu dengan berfoto sebelum kembali ke Waitabula. Sampai jumpa di perjalanan Tim Discover SBD Berikutnya. Salam hangat dari tanah Loda Weemaringgi Pada Weemalal. Cintai Negerimu Kenali Negerimu

Tips bagi yang ingin mengunjungi pantai Tanjung Karoso

1. Pastikan anda mengecek kendaraan anda sebelum berangkat (Bensin, Ban, Rem, dll)
2. Berkendaralah dengan hati - hati karna banyaknya lubang dijalan
3. Pastikan anda bersama dengan salah satu warga asli agar perjalanan anda lebih nyaman
4. Siapakan bumbu ikan bakar jika anda ingin membeli dan membakar ikan dipantai
5. Jika ingin berenang pantai ini cukup aman
6. Pastikan anda tidak membawa terlalu banyak sampah plastik dan ingat untuk membersihkan kembali sampah anda sebelum pulang.



 
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD