Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 22 Januari 2011

TANGGAL PELAKSANAAN PASOLA KODI 2011 DITETAPKAN RATO

Pelaksanaan Pasola Kodi merupakan saat yang ditunggu banyak pihak pasalnya tradisi Pasola Kodi merupakan salah satu keunikan yang masih dipertahankan masyarakat Kodi Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Nusa Tenggara Timur hingga saat ini.

Salah satu hal yang unik karna penentuan waktu pelaksanaan pasola kodi tidak mudah karna para Rato adat di Kodi harus melihat posisi bulan dan cuaca. proses ini cukup memakan waktu dan tidak bisa dijadwalkan reguler tanggal pelaksanaannya.

Akhirnya setelah para rato adat berunding kemudian melakukan pertemuan dengan Kepala Desa,Camat, Danramil dan Kapolsek setempat serta Pokdarwis Sabtu (22/01/2011) pelaksanaan Pasola tahun 2011  pun ditetapkan. Sumber Moripanet Online di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan SBD mengatakan Untuk tahun 2011 pelaksananaan akan berlansung di 5 tempat. Untuk bulan Februari 2011 di Homba Kalayo, Bondo Kawango dan Rara Winyo, sedangkan bulan Maret di Waiha dan Wainyapu.

Pelaksanaan seperti biasa akan di dimulai dengan pencarian Nyale (sejenis cacing laut) pada malam sebelum pelaksanaan Pasola. Banyaknya Nyale yang dikumpulkan dipercaya sebagai pertanda panenberhasil. Sebaliknya, kalau hanya sedikit cacing tertangkap maka panen gagal. Ada tanda-tanda tertentu sehingga tujuh ekor nyale saja yang harus diambil, tanda-tanda nyale di tujuh ekor ini berarti itu berlain-lainan, kalo dia belang bisa juga panen separuh bisa juga tidak namun bisa juga tetap jadi atau bisa juga ada yang tidak ada isi semua petak itu dll. Pelaksanaan Nyale merupakan saat penting yang menentukan nasib panen mereka satu tauhn kedepan. 

Pasola sendiri adalah “perang-perangan” yang dilakukan oleh dua kelompok berkuda. Setiap kelompok terdiri lebih dari 100 pemuda bersenjatakan tombak tumpul yang dibuat dari kayu berdiameter kira-kira1,5 cm. Lembing demi lembing dilempar supaya terkucur darah lawan, demi kemakmuran tanah. Tanpa dendam. Diiringi pekikan kuda dan sorakan penonton, kegembiraan menggema saat lembing mengenai sasaran.

Jauh sebelum Pelaksanaan Pasola, berbagai ritual adat sudah dijalankan, seperti sabtu siang (22/01/2011) dilaksanakan Kawoking yaitu sejenis tinju atau gulat lokal yang berlangsung di pantai Bokubani dan Tossi.  Bupati Sumba Barat Daya, Dr Kornelis K Mete menghimbau seluruh Pegawai Negeri Sipil dan warga SBD yang ingin menyaksikan Pasola Kodi agar datang menggunakan pakaian motif daerah SBD. (snd)

Berikut jadwal lengkap pelaksanaan pasola KODI

 Tanggal                         Tempat Pelaksanaan
24 Februari 2011               Homba kalayo
27 Februari 2011               Bondo kawango.
28 Februari 2011               Rara Winyo.
25 Maret 2011                   Waiha.
26 Maret 2011                   Wainyapu


Sumber : Dinas Pariwisata dan Kebudayaan SBD
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD