Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 12 Januari 2011

SMP KRISTEN WAIMANGURA, KEKURANGAN RUANG KELAS

Anderias L Bole 




Menciptakan suasana Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) yang efektif tentunya di dukung oleh berbagai faktor salah satunya jumlah siswa yang mengikuti KBM per kelasnya.  Namun tidak demikian yang terlihat di SMP Kristen Waimangura, siswa yang mengikuti KBM melebihi 45 siswa per kelasnya.

Kepala Sekolah SMP Kristen Waimangura, Anderias L. Bole yang ditemui MORIPANET ONLINE senin (11/01/2011) mengatakan, Efektifitas KBM terkendala karena kekurangan ruang kelas.

Anderias menjelaskan, jumlah siswa saat ini 390 orang sedangkan kelas yang tersedia hanya 8 kelas dengan ukuran 6m x 8m dan 7m x 9m . dari 8 ruangan yang ada, 3 kelas untuk kelas 1, 2 kelas untuk kelas 2 dan 3 kelas untuk kelas 3 sedangkan 1 ruangan lainnya dijadikan ruang guru sekaligus ruang kepala sekolah dan ruang tata usaha karna keetrbatasan ruangan.

Anderis menyebutkan, untuk kelas 1 terdapat 56 siswa yang mengikuti KBM per kelasnya sedangkan kelas 2 terdapat 47 Siswa per kelasnya sementara kelas 3 kelas A, 47 siswa, kelas B, 39 siswa dan kelas C, 38 Siswa.

"dengan jumlah siswa diatas 45 per kelasnya bagaimana siswa bisa konsentrasi dan guru bisa efektif mengajar, padahal standar nasional agar KBM bisa efektif itu hanya 38 siswa" Ujar Anderias

Anderias mmenambahkan, pihaknya sudah mengusulkan soal kekurangan ruang kelas lewat Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (PPO) Sumba Barat Daya. Saat itu pihaknya mengusulkan 2 Ruang Kelas Baru (RKB), 1 perputakaan dan 1 laboratorium IPA, yang terealisasi di anggaran 2010 hanya gedung perpustakaan.

"anggaran tahun 2010 ini hanya perpustakaan yang terealisasi, sedangkan untuk 2 RKB yang sangat dibutuhkan belum. semoga bisa terelasisasi di anggaran tahun 2011 ini" ungkap anderias

Anderias melanjutkan, sebenarnya SMP Kristen waimangura hanya akan menerima 80 siswa pada tahun anggaran 2010/2011 karna menyadari keterbatasan ruang kelas dan itupun sudah diseleksi melalui tes, namun melihat realitas tingginya antusias siswa yang lulus dari 10 SD di Waimangura dan sekitarnya karna program sekolah gratis dan  menyadari adanya wajib pendidikan dasar 9 tahun maka pihaknya menerima 176 siswa.

"Di Waimangura hanya ada SMP Kristen dan SMPN 1 Wewewa Barat sedangkan ada 10 Sekolah Dasar yang rata rata kelulusannya 100 persen. kalau kita batasi penerimaan, yang lain mau sekolah dimana?" lanjut Anderias

Anderias berharap persoalan kurangnya ruang kelas ini bisa menjadi perhatian pemerintah karena efektifitas KBM sangat mempengaruhi kelulusan siswa, apalagi tahun ini tingkat kelulusan SMP Kristen hanya 60 persen. Anderias juga khawatir lulusan Sekolah Dasar tahun ajaran 2010/2011 tidak bisa tertampung lagi di SMP Kristen Waimangura karna kurangnya ruang kelas. (snd)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD