Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 07 Januari 2011

CEGAH PEMBOMAN IKAN DI WAIKELO

Ilustrasi
Tambolaka, Pemda Sumba Barat Daya (SBD)  akan mencegah aksi pemboman ikan di perairan Waikelo yang marak belakangan ini. Pemerintah akan berkoordinasi dengan aparat keamanan untuk mencegah aksi perusakan biota laut tersebut.

Demikian pengasan Bupati SBD,  dr. Kornelius Kodi Mete, Kamis (29/12/2010),  menjawab pertanyaan wartawan tentang maraknya aksi pemboman ikan di perairan Waikelo dan sekitarnya, beberapa bulan terakhir. Kodi Mete mengaku sudah mendapat informasi pemboman ikan tersebut dan pihaknya telah berkoordinasi dengan aparat kepolisian untuk mengambil langkah penanggulangan.

"Pemerintah mempersilakan warga memanfaatkan potensi kekayaan laut Sumba Barat Daya guna meningkatkan kehidupan ekonominya, namun tidak boleh ada yang menggunakan bom. Pengambilan kekayaan alam, termasuk kekayaan di laut harus ramah lingkungan dan tidak boleh melanggar aturan," tegasnya.

Dikatakannya, sebenarnya kekayaan laut SBD cukup menjanjikan. Namun pemanfaatan belum maksimal karena keterbatasan pengelolaan akibat keterbatasan SDM, modal usaha dan belum tertanam kuat dalam diri warga bahwa potensi laut cukup menjanjikan.  

Pemerintah akan terus berusaha mensosialisasikan usaha di bidang kelautan dengan menggerakkan beberapa kegiatan yang bisa mendorong warga yang selama ini berorientasi pertanian agar berpaling menuju laut memanfaatkan potensi besar yang belum maksimal terkelola selama ini.

"Bayangkan, sehari warga Sumba membutuhkan berapa ton ikan untuk konsumsi. Harus kita akui selama ini kebutuhan  ikan segar masih dipasok dari Bima, NTB. Padahal potensi kekayaan laut SBD khususnya, dan Sumba umumnya sangat cukup. Sayangnya keterbatasan SDM dan modal menyebabkan potensi besar ini dibiarkan begitu saja. Ke depan pemerintah akan terus menggenjot pengelolaan kekayaan alam laut demi meningkatkan kehidupan ekonomi masyarakat," paparnya. (pet)







Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD