Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 18 November 2010

Pelabuhan Weekelo Dapat Disinggahi Kapal Pelni

Pelabuhan Weekelo, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) sudah bisa disinggahi kapal pelni karena sudah ditingkatkan menjadi pelabuhan komersial. Sementara PT Fery Indonesia perlu membuka rute baru Weekelo, Flores, Kupang sehingga akses masyarakat SBD, Sumba Barat dan Sumba Tengah ke Kupang, Ibu kota Propinsi NTT menjadi lebih lancar dan mudah.

Hal ini dikatakan anggota DPRD NTT daerah pemilihan Sumba, Drs. Hugo Rehi Kalembu, dan Robert Li, S.H yang baru kembali melakukan kunjungan kerja di daerah itu. Dia mengatakan, saat ini pemerintah daerah dengan bantuan dana pusat sedang  melakukan pembenahan-pembenahan.

Kedua wakil rakyat mengharapkan PT Pelni mengalokasikan kapalnya menyinggahi Weekelo, baik ke arah barat Bima maupun arah timur Kupang. Dengan demikian, mobilisasi manusia dan barang dari dan ke Sumba Barat Daya, Sumba Barat dan  Sumba Tengah menjadi lebih lancar. Jika demikian, keduanya yakin ada peningkatan ekonomi masyarakat.

Peningkatan pelabuhan baik untuk kapal penumpang, kapal barang maupun kapal fery, kata kedua wakil rakyat ini, juga mendukung rencana investasi bidang peternakan di Sumba Tengah. Investor peternakan bisa mendatangkan bibit dan lain-lain melalui pelabuhan tersebut.

Selama ini, kata Hugo, mobilitas manusia dan barang hanya ke arah barat, Bima, NTB. Sedangkan ke arah Kupang, warga Sumba Barat Daya, Sumba Tengah dan Sumba Barat harus ke Waingapu. Setiap kapal pelni masuk di Waingapu, katanya, ratusan penumpangnya berasal dari tiga kabupaten itu.

Hugo dan Li mengharapkan Kepala Dinas Perhubungan Propinsi NTT, Drs. Bruno Kupok yang baru dilantik beberapa waktu lalu, dapat menata perhubungan laut di NTT sehingga setiap daerah yang memiliki pelabuhan yang memadai, dapat disinggahi kapal-kapal pelni, kapal fery dan kapal perintis yang layak. (gem)

Sumber : http://www.pos-kupang.com/read/artikel/55216/humbalorata/pelabuhan-weekelo-dapat-disinggahi-kapal-pelni
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD