Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Selasa, 16 November 2010

Kapolda Diminta Bentuk Polres Sumba Tengah & Sumba Barat Daya

Wakil Ketua DPRD Sumba Barat, Dominggus Dinga Leba, minta Kapolda NTT segera membentuk Polres Sumba Tengah (ST) dan Polres Sumba Barat Daya (SBD) untuk memudahkan koordinasi pengamanan di wilayah masing-masing.

Sampai sekarang pengamanan kedua wilayah itu masih menjadi tanggung jawab Polres Sumba Barat. Akibatnya, bila terjadi kekacauan, terutama di wilayah perbatasan antar kabupaten sebagaimana terjadi belum lama ini, maka konsentrasi pengamanan terbagi.

Misalnya, bagaimana mengamankan warga SBD dan Sumba Barat dengan jumlah personel yang terbatas, sementara jumlah massa dari dua pihak cukup besar. Bila dua polres ini terbentuk tentu memudahkan pengendalian keamanan di lapangan karena hanya melalui sebuah koordinasi antarpimpinan polres masing-masing.

Disamping itu, kata dia, jumlah personel setiap polres akan jauh lebih banyak ketimbang masih dalam satu polres seperti sekarang ini. Dengan demikian, konsentrasi perhatian Kapolres Sumba Barat, AKBP Yayat Jatnika, tidak terpecah memikirkan pengamanan ke SBD dan ST, tapi cukup mencurahkan seluruh perhatiannya pada pengamanan wilayah Sumba Barat.

Wakil Ketua DPRD Sumba Barat, Dominggus Dinga Leba, menyatakan hal ini menanggapi proses penanganan peristiwa pembakaran rumah di Kampung Loko Duka, Desa Dilah Tanah, Kecamatan Loli, Kabupaten Sumbar oleh sekelompok warga tak dikenal tanggal 22 September Lalu.

Menurutnya, pemberian pengamanan Polres Sumba Barat terhadap setiap kejadian cukup baik. Namun akan jauh lebih baik, lebih efektif dan efisien bila di Kabupaten SBD dan Sumba Tengah berdiri polres sendiri. Dengan demikian perhatian pengamanan oleh setiap pimpinan polres jauh lebih baik dan efisien.

Dominggus juga minta agar bupati dan wakil bupati mengintensifkan pengendalian keamanan demi memberi rasa aman kepada masyarakat kota ini. Bupati dan wakil bupati segera mendata pihak yang berperan di setiap desa lalu diberi tugas menjaga keamanan, dengan catatan bila terjadi aksi kejahatan, maka yang bersangkutan harus ikut bertanggung jawab. Tentu pemerintah memberikan insentif kepada setiap warga yang telah diberi tugas menjaga keamanan.

Sumber :  Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD