Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 17 November 2010

MANTAN KADIS SOSIAL JADI TERSANGKA KORUPSI

Jaksa penyidik Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumba Barat menetapkan mantan Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), Drs. Buro Wungo sebagai tersangka. Wungo tersangkut kasus korupsi penyalahgunaan dana bimtek program bantuan dana kelompok usaha bersama (Kube), program pemberdayaan fakir miskin, komunitas adat terpencil dan dana kesejahteraan sosial tahun 2009 sebesar Rp 172 juta lebih. Sedangkan dana Kube Rp 3,4 miliar yang disalurkan kepada kelompok masyarakat berjalan lancar.

Jaksa sudah memeriksa pengelola program, ketua kelompok, anggota kelompok dan beberapa kepala desa dan ditemukan bukti awal yang cukup tentang keterlibatan Wungo dalam penyalahgunaan dana. Tidak menutup kemungkinan, jaksa akan menetapkan tersangka baru, selain Wungo. Sampai saat ini, jaksa masih memeriksa beberapa orang yang mengetahui pengelolaan dana itu. Demikian dikatakan Kajari Waikabubak, Sopran Telaumbanua, S.H melalui Kepala Seksi (Kasi) Pidsus, Ihsan Asri, S.H di ruang kerjanya.

Mantan Kadis Sosial SBD yang saat ini menjabat Kadis Koperasi SBD, Drs. Buro Wungo saat dikonfirmasi di kantornya, tidak berada di tempat. Informasi yang diperoleh, kadis koperasi sedang sakit.

Menurut Ihsan, tersangka Wungo dijerat dengan pasal 2, pasal 3, dan pasal 8 UU No. 21/2001 tentang Pemberantasan Korupsi. Jaksa akan segera merampungkan BAP tersangka agar dilimpahkan ke pengadilan untuk disidangkan.

Dikatakannya, kejaksaan setempat menargetkan penyelesaian dua kasus korupsi dalam bulan ini. Dua kasus itu yakni pemalsuan dokumen administrasi proyek pembangunan gedung BPS Sumba Barat TA 2009 dengan tersangka Drs. David Koreh. Kasus kedua, dugaan korupsi yang melibatkan tersangka Wungo.

“Mudah-mudahan pertengahan Nopember ini berkas dua tersangka sudah dilimpahkan ke pengadilan untuk disidangkan,” tegasnya.

Ihsan menambahkan, saat ini, pihaknya serius lidik beberapa kasus dugaan tipikor di Sumba Barat, Sumba Tengah dan Sumba Barat Daya. Namun baru dua kasus ini yang ditargetkan segera dilimpahkan ke pengadilan

Sumber :  Pos Kupang
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD