Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Senin, 01 November 2010

52 IMIGRAN ILEGAL TERDAMPAR DI PANTAI WANOKAKA

Melarikan diri karena konflik perang  yang berkepanjangan dan ingin menyelamatkan hidup di negara lain yang memberikan rasa aman ternyata tidaklah mudah, hal itulah yang dialami 52 imigran asal Timur Tengah.

Setelah kurang lebih tiga hari di lautan, mereka akhirnya terdampar di perairan sumba tepatnya di pantai Wanokaka Kabupaten Sumba Barat Provinsi Nusa Tenggara Timur tangal 28 Oktober 2010, para imigran ini terdampar karena tersapu ombak besar yang menghantam perahu mereka sehingga mereka terbawa kembali ke perairan Indonesia (Sumba).

Ke 52 imigran yang terdiri dari 41 warga negara Afghanista dan 11 warga negara Iraq (6 Pria, 3 wanita, dan 2 anak-anak). 41 warga Afghanistan ini adalah pelarian dari Makassar tanggal 10 Oktober lalu, sedangkan 11 11 warga negara iraq belum diperoleh kejelasan informasi seputar statusnya.

Menurut informasi dari sumber Moripanet Online,  para imingran tersebut sudah mendekati Ashmo Reef (pulau pasirnya Australia) tapi mendapat hantaman gelombang dan dibawa kembali ke Indonesia, tanggal 26 Oktober malam salah satu staff IOM (International Organization for Migration) Makasar mendapatkan laporan minta tolong lewat telepon ke ponselnya dari salah seorang migrant pelarian dari makassar, kemudian informasi tersebut diteruskan kepada pihak terkait dalam hal ini kepolisian agar mereka bisa diselamatkan.

Sejak 28 Oktober para imigran ini berada dalam pengawasan Polres Sumba Barat bekerja sama Dengan Polda dan Imigrasi, pihak IOM mensupport care dan maintenance mereka selama mereka berada disana seperti makan minum obat2an dll.

Rencananya dalam waktu dekat para imigran ini akan diterbangkan kembali ke Makasar dengan pesawat carteran khusus dari bandara Tambolaka Kabupaten Sumba Barat daya. Di Makassar mereka akan ditampung di rumah detensi imigrasi (Rudenim Makassar) sembari menunggu process lebih lanjut dari UNHCR (United Nations High Commissioner for Refugees) tentang status mereka apakah sebagai refugee (pengungsi) atau tidak. Sehingga dari status itu bisa ditentukan apakah mereka layak untuk dicarikan negara ketiga yang mau menerima pengungsi /pencari suaka. (snd)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD