Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 07 Oktober 2010

AKSES SEKOLAH PERLU UNTUK ANAK CACAT DI SBD

Selama bulan Juli sampai Agustus 2010 Yayasan Harapan Sumba (YHS) Weetabula Kabupaten Sumba Barat Daya melakukan Handycap project  untuk mendata orang Cacat di empat Desa yang berada Kecamatan Wewewa Barat Kabupaten Sumba Barat Daya. Ke empat desa tersebut yaitu Desa Waimangura, Desa Kabali Dana, Desa Kalembu Weri dan Desa Menne Ate.


Celine Joris saat mendata di  Desa Waimangura
 Celine Joris salah seorang volunteer asal Belgia yang bekerja di YHS sebagai pelaksana Handycap Project mengatakan, dari pendataan tersebut ditemukan banyak anak-anak cacat usia sekolah yang tidak bersekolah. hal tersebut menurutnya dikarenakan akses pendidikan untuk anak-anak cacat ini tidak tersedia di Sumba Barat Daya.

 "Saya bertemu dengan salah satu keluarga di Desa Waimangura yang memiliki tiga orang anak yang tuna wicara dan tuna rungu, sayangnya ketiga anak itu tidak sekolah" ungkap Celine kepada Moripanet Online

Celine Melanjutkan, Alasan anak-anak ini tidak sekolah karna sekolah untuk anak cacat hanya ada di Waikabubak, Kabupaten Sumba Barat yang berjarak lebih dari 20 kilometer dari tempat tinggal mereka.

Celine mengungkapkan, selain persoalan akses sekolah yang jauh ada juga kendala lain yang dihadapi anak-anak cacat di empat desa ini yaitu rasa malu keluarga. Celine menemukan banyak anak-anak yang tidak bersekolah karna orang tuanya malu anaknya akan menjadi cemoohan. Namun celine mensyukuri tidak semua orang tua memperlakukan anaknya demikian.

Menurut Celine, Anak yang cacat fisik tidak berarti mental atau pikirannya juga cacat, karna itu mereka berhak untuk tetap bersekolah karena mungkin salah satu dari mereka memiliki kemampuan atau kecerdasan yang nantinya bermanfaat untuk Kabupaten ini, oleh karena itu orang tua yang malu anaknya bersekolah harus diberikan pengertian.

Celine Berharap, Sumba Barat Daya Sebagai Kabupaten baru bisa memberikan akses pendidikan bagi anak-anak cacat. (snd)
Celine Joris  (Tengah) Mendengarkan Penuturan dari orang tua anak cacat



Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD