Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 02 September 2010

Warga Desa Menne Ate butuh Air Bersih

Kades Menne Ate, Yohanes Bili Lero
Air bersih masih menjadi persoalan di Sumba Barat Daya khususnya bagi warga Desa Mene Ate Kecamatan Wewewa Barat. Sampai dengan hari ini warga desa Menne Ate hanya mengandalkan air bersih dari Penampung Air Hujan (PAH), Hal tersebut disampaikan Kepala Desa Menne Ate, Yohanes Bili Lero kepada Moripa.net rabu 1 september 2010.

Yohanes mengatakan, pasca musim penhujan warga akan mengkonsumsi air dari PAH tapi jika persediaan air tidak mencukupi maka warga harus mengambil air di mata air weekombaka yang jaraknya lebih dari 5 kilo meter.

Yohanes mengungkapkan, PAH yang saat ini ada di masyarakat merupakan hasil swadaya masyarakat dalam bentuk bak penampungan air tapi sayangnya karna kekurangan dana bak yang dibangun tidak sempurna diantaranya tidak memiliki penutup.

Menurut Yohanes, PAH tanpa penutup tentu akan beresiko bagi kesehatan masyarakat karna mudah sekali terkontaminasi, salah satunya menjadi tempat berkembangnya jentik nyamuk khususnya penyebar penyakit Malaria.

selain PAH hasil swadaya masyarakat ada juga bantuan 5 bak PAH dari  P2DTK (program pengembangan desa tertinggal dan khusus) selain itu ada juga 5 buah WC dari program yang sama.

Yohanes berharap, ada bantuan dari pihak manapun baik pemerintah, LSM maupun NGO untuk bisa merampungkan Bak PAH swadaya masyarakat khususny apenutup bak sehingga Air bersih aman untuk dikonsumsi.

Disinggung mengenai alternatif sumber air di Desa Menne Ate, Yohanes menjelaskan sudah pernah ada survei sumber air yang dilakukan mahasiswa universitas Brawijaya di tahun 2008, dan dari survei tersebut ditemukan sumber air Desa Menne Ate di bawah SD Gollu Uta dan di belakang kampung Omba Kalada. Namun sampai saat ini belum ada program lanjutan dari pihak manapun untuk eksplorasi sumber air tersebut. (snd)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD