Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Jumat, 24 September 2010

Perang di Sumba, Belasan Rumah Terbakar

Sejumlah warga Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, terlibat perang dengan warga Kecamatan Weweya Selatan, Kabupaten Sumba Barat Daya, Nusa Tenggara Timur, kemarin. "Perang ini dipicu hilangnya seekor sapi dan kerbau milik warga Weweya," kata Kepala Kepolisian Resor Sumba Barat Ajun Komisaris Besar Yayat Jatmika ketika dihubungi Tempo kemarin. 

Akibat perang tersebut, sedikitnya 16 rumah warga di Kecamatan Loli ludes terbakar. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu, namun kerugian ditaksir mencapai ratusan juta rupiah. 

Yayat mengatakan pembakaran itu terjadi ketika sekelompok warga Weweya Selatan mencari seekor sapi dan kerbau yang hilang ke Kampung Loli, yang dibatasi dengan sungai.
Selain itu, Yayat menduga, peristiwa tersebut terjadi karena dendam lama di antara warga kedua daerah yang berada di perbatasan kabupaten itu. Pada 1998, kedua daerah tersebut pernah terlibat perang tanding yang menyebabkan ratusan rumah dibakar. 

Pembakaran belasan rumah itu, dia melanjutkan, diduga dilakukan sekelompok orang yang telah diskenario untuk memicu konflik kedua wilayah tersebut. "Saat pencarian terjadi, sekelompok orang langsung membakar rumah warga di daerah tersebut. Saya menduga ada pihak ketiga yang sengaja membakar rumah milik warga," kata Yayat. 

Dia mengatakan pihaknya telah memanggil kedua pihak yang bertikai untuk menyelesaikan masalah ini secara damai. "Kedua pihak sepakat menggantikan rumah yang dibakar dan hewan yang hilang," ujar Yayat. 

Dia menambahkan, situasi keamanan di wilayah konflik mulai kondusif, namun pihaknya masih menyiagakan satu peleton Brigade Mobil dan Pengendalian Masyarakat dibantu Satuan Polisi Pamong Praja serta TNI untuk pengamanan di daerah itu. 

Bupati Sumba Barat Jubilate Pieter Pandango dan Bupati Sumba Barat Daya Kornelis Kodi Mete juga menggelar pertemuan untuk menyelesaikan konflik tersebut

Sumber : http://www.korantempo.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD