Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Kamis, 16 September 2010

KONDISI JALAN DI NTT MASIH RUSAK AKIBAT KURANG DANA PEMELIHARAAN

KONDISI JALAN YANG ADA DI PROVINSI NUSA TENGGARA TIMUR DARI 1734 KILOMETER LEBIH TERDAPAT 30 PERSEN KONDISI JALAN YANG CUKUP BAIK DAN 40 PERSEN LEBIH KONDISI JALAN DALAM KEADAAN RUSAK. HAL  INI DIKARENAKAN KETERBATASAN ANGGARAN YANG DIBERIKAN PEMERINTAH PUSAT UNTUK PEMELIHARAAN JALAN DAN KERUSAKANNYA SEHINGGA ANGGARAN INI TIDAK CUKUP.  

TAHUN INI ANGGARAN YANG DIDAPAT PEMERINTAH NUSA TENGGARA TIMUR HANYA MENCAPAI 100 MILIAR RUPIAH LEBIH YAITU UNTUK PEMBANGUNAN DAN PEMELIHARAAN RUAS JALAN PROVINS  BAIK ITU JALAN NEGARA SECARA RUTIN, MAUPUN PEMELIHARAN SECARA BERKALA. SEMENTARA UNTUK PENINGKATAN, DINAS PEKERJAAN UMUM (PU) HANYA MAMPU MEMBANGUN 40 KILOMETER PERTAHUN SEHINGGA PERUBAHANNYA SANGAT SEDIKIT. HAL INI DIKATAKAN KEPALA DINAS PEKERJAAN UMUM  PROVINSI NTT ANDRE KOREH. ANDRE MENGUNGKAPKAN, KETERBATASAN ANGGARAN TERSEBUT MEMPENGARUHI INTERVENSI DALAM PROGRAM YANG DIBUAT OLEH PEMERINTAH  SEHINGGA TIDAK TERLALU BERDAMPAK  SIGNIFIKAN TERHADAP PERUBAHAN, TETAPI ADANYA PENINGKATAN WAKTU TEMPUH RATA-RATA YANG LEBIH PENDEK DAN AKSESIBILITAS YANG DULUNYA DAERAH TERISOLIR SAAT INI SUDAH TERBUKA.  LUASNYA PULAU DAN PANJANGNYA JALAN INTERVENSI DARI PROGRAM TERSEBUT  TIDAK MEMBERIKAN DAMPAK YANG TERLALU SIGNIFIKAN TAPI SELALU ADA PERUBAHAN. 

MENYANGKUT PERUBAHAN STATUS JALAN YANG AGAK SULIT ANDRE MENJELASKAN, HAL INI DIKARENAKAN ADA JALAN YANG DIFUNGSIKAN SEBAGAI JALAN LOKAL SEHINGGA JALAN TERSEBUT TIDAK MUNGKIN DINAIKAN STATUSNYA MENJADI JALAN NASIONALL.

ANDRE MENAMBAHKAN, DEMIKIAN JUGA JALAN KABUPATEN TIDAK SERTA MERTA DIALIHKAN STATUS MENJADI JALAN PROVINSI DAN SEBALIKANYA, TERMASUK JALAN PROVINSI DIALIHKAN JADI JALAN NASIONAL, SEBAB SEMUA ITU MEMERLUKAN PENGKAJIAN KESESUAIAN KRITERIA JALAN YANG SUDAH DITETAPKAN DALAM UNDANG-UNDANG TENTANG JALAN, KARENA JALAN KABUPATEN DAN JALAN PROVINSI ADA SK-NYA.

UNTUK ITU JALAN LOKAL TETAP JALAN KABUPATEN, JIKA JALAN TERSEBUT ANTAR KABUPATEN BISA DIJADIKAN JALAN PROVINSI, DAN JIKA JALAN TERSEBUT ANTAR PROVINSI BISA DIJADIKAN JALAN NASIONAL, MAKA YANG DILAKUKAN DINAS PU DALAM MENANGANI SEMUA INFRASTRUKTUR DI NTT LEBIH MENGUTAMAKAN PENDEKATAN ASAS MANFAAT, DIMANA INFRASTRUKTUR YANG DIBANGUN BAGI MASYARAKAT. LANJUT ANDRE

ANDRE MENGAKUI, KEBUTUHAN ANGGARAN UNTUK INFRASTRUKTUR SANGAT BESAR SEMENTARA KEMAMPUAN UNTUK MEMBIAYAI SANGAT TERBATAS, SEHINGGA DALAM SITUASI YANG  TERBATAS  MAKA PRIORITASLAH YANG MENJADI PENDEKATAN  KARENA TIDAK SEKEDAR DIBANGUN TANPA MANFAAT KARNA HAL TERSEBUT ADALAH PEMBOROSAN.  

SELAIN ASAS MANFAAT, JUGA DILAKUKAN ASAS PEMERATAAN. NTT YANG AWALNYA HANYA 12 KABUPATEN/ KOTA, KINI TELAH BERTAMBAH MENJADI 21 KABUPATEN/KOTA, DALAM PERUBAHAN TERSEBUT SETIAP KABUPATEN JUGA MENUNTUT UNTUK DILAYANI BAIK JALAN PROVINSI MAUPUN NASIONAL, SEHINGGA KEBIJAKAN INI YANG TENTUNYA HARUS DICERMAT. DUA ASAS INLAHI YANG DILAKUKAN DINAS PU DALAM MENGATASI MASALAH KETERBATASAN DENGAN ADANYA SEDIKIT PENINGKATAN

Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD