Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 08 September 2010

BERANTAS KEJAHATAN DI SBD DENGAN PENDEKATAN MORAL

Moral merupakan salah satu senjata untuk memberantas Pencurian dan Perampokan, Hal tersebut disampaikan Bupati Sumba Barat Daya, dr.Kornelius Kodi Mete,di hari kedua acara Penyuluhan Pencegahan Praktek Perjudian,Pencurian dan Perampokan bagi Kepala Desa,Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama dan Satuan Perlindungan Masyarakat se-Kabupaten Sumba Barat Daya yang dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa Perlindungan Masyarakat dan Politik (KesbangLinmas Pol) Kabupaten Sumba Barat Daya yang di laksanakan di Desa Denduka,Kecamatan Wewewa Selatan.

“Pekerjaan mencuri,merampok dan berjudi adalah penyakit masyarakat yang tidak membawa kesejahteraan dan hanya menimbulkan kerugian bagi masyarakat dan diri sendiri,untuk itu kita coba lakukan pendekatan moral untuk menyadarkan mereka yang bergabung dalam pekerjaan ini" Ujar dr.Kornelius dihadapan 50 (lima puluh) orang perserta penyuluhan dari kalangan Tokoh Masyarakat,Tokoh Agama,para Kepala Desa dan anggota Linmas se-Kecamatan Wewewa Selatan, Kabupaten Sumba Barat Daya 

Berdasarkan data yang dilaporkan oleh Camat Wewewa Selatan, Isto Tarru Bani,S.Ip. Di Kecamatan Wewewa Selatan terdapat kurang lebih sekitar 100(seratus) orang yang terdaftar dalam kelompok tidak tertib,kendati jumlah tersebut dianggap cukup tinggi,tetapi kondisi keamanan di wilayah ini, masih cukup kondusif. 

sehubungan dengan hal tersebut, menurut dr. Kornelius, keseratus orang itu harus dikumpulkan untuk diberikan penyadaran dan sekaligus memberitahukan kepada mereka bahwa nama mereka sudah terdaftar sebagai anggota kelompok yang tidak tertib,sehingga dapat bertobat dari pekerjaan tersebut.Apa yang kita lakukan pada saat ini adalah sebuah upaya dengan cara pendekatan moral untuk menyadarkan mereka yang bergabung dalam kelompok yang tidak tertib.Dan kita yang hadir menjadi corong bagi saudara-saudara kita karena mungkin mereka tidak tahu dan tidak menyadari apa yang mereka lakukan itu merugikan masyarakat dan juga diri sendiri.


pada kesempatan yang sama Wakil Bupati Sumba Barat Daya, Yakobus Malo Bulu, Bsc mengakui bahwa selam 3 (tiga) tahun Kabupaten Sumba Barat Daya berdiri dan 2 (dua( tahun masa kepemimpinannya dengan dr. Kornelius, berupaya melakukan pendekatan moral untuk menyadarkan saudara-saudara kita yang bergabung dalam kelompok tidak tertib. Kemudian lanjutnya, sangatlah salah bila kita melakukan kekerasan kepada mereka tanpa sosialisasi sebelumnya dan bila pendekatan moral yang kita lakukan tidak di indahkan maka terpaksa kita akan menggunakan cara yang lebih keras,guna menyadarkannya”,ungkapnya tegas. 

Hadir pada acara tersebut,anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah asal Wewewa Selatan dan beberapa pimpinan SKPD lingkup Kabupaten Sumba Barat Daya. 

Sebelumnya Bupati dan Wakil Bupati Sumba Barat Daya bersama Kepala Badan Kesbang Linmas Pol, Alex Samba Kodi,SH dan beberapa pimpinan SKPD lainnya melakukan kegiatan yang sama di Kecamatan Kodi Bangedo .



Sumber : HUMAS SBD
Comments
1 Comments

1 komentar:

Billy Conny mengatakan...

pendekatan moral ?? itu hanya salah satu upaya , tapi alangkah baiknya kalau saudara2 kita yang sdh di listing begitu diperdayakan atau dibantu untuk pengadaan " Alat Pancing "

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD