Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 07 Juli 2010

Warga Wewewa Minta SMK Pertanian

Masyarakat di Kecamatan Wewewa Timur, Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD), minta Pemda setempat  membangun Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Pertanian di Elopada, ibukota Kecamatan Wewewa Timur. Kondisi dan karakteristik wilayah ini dinilai sangat cocok untuk  pengembangan tanaman komoditi pertanian.

Keseriusan warga mendukung pembangunan SMK Pertanian di daerah itu dibuktikan dengan penyediaan lahan/tanah bagi lokasi pembangunan SMK dimaksud.

Demikian hasil jaring aspirasi masyarakat oleh tim dewan saat kunjungan kerja ke Kecamatan Wewewa Barat dan Wewewa Timur  yang disampaikan dalam sidang paripurna DPRD SBD, Senin (14/6/2010).

Tim dewan terdiri dari Yusuf Malo (Ketua), Alex Lende Ngongo (wakil ketua), Ngongo Ndeta (wakil ketua), Gabriel Pira (sekretaris) dan anggota Maru Rode Ate, Darsono Bole Malo, Samuel Bili Bulu, Adriana RK Awa Kosi, Niko UD Dangga Limu, Stefanus Bora dan Thomas Louro.

Menurut dewan, aspirasi masyarakat yang menginginkan kehadiran sebuah sekolah kejuruan pertanian di wilayah Wewewa Timur sudah lama.

Keinginan warga ini beralasan karena kultur sumber daya alam di wilayah kecamatan itu sangat mendukung. Warga berharap kehadiran SMK Pertanian dapat memberi inspirasi bagi masyarakat untuk mengembangkan usaha pertanian yang memberi nilai ekonomis tinggi kepada masyarakat setempat. Karena itu, masyarakat berharap dewan dapat memperjuangkan hingga terwujudnya pembangunan SMK Pertanian di Wewewa Timur.

Melalui forum rapat paripurna itu, dewan berharap pemerintah dapat mempertimbangkan keinginan masyarakat di Wewewa Timur untuk membangun SMK pertanian di daerah itu.

Sumber : Pos Kupang.com
Comments
3 Comments

3 komentar:

Simon mengatakan...

aspirasi masyarakat sih boleh saja. tapi tentunya membangun sebuah institusi/sekolah seperti itu tdk mudah. Perlu mempertimbangkan berbagai faktor, perlu dana (okelah bisa disiapkan Pemda, lahan (mungkin bisa disiapkan warga), perlu SDM pengajar yg memadai, sarana prasarana, laboratorium (indoor n outdoor), perangkat lunak (kurikulum pembelajaran), termasuk kira2 brapa jumlah peminat n aspek sustainable (keberlanjutannya ke depan) dll, agar jgn setelah dibangun ternyata tdk digunakan ataupun tdk berjalan otimal. Selain itu, bukankah di Sumbar sudah ada SMK Petanian? Jaraknya dr wewewa timur kan cuman bbrp Km, mudah dijangkau. Kalau menurut saya, kita jangan terlalu berpikir egosentris... marilah kita melihat jg tetangga kita, kita adalah satu Sumba. Apalgi jarak n akses transportasi sangat memadai. Kalaupun mau membuat sekolah/ institusi/lembaga, carilah yg blom ada di Sumba shingga slain dr SBD sndiri bisa juga menampung dr kab lain di Sumba.

Michael Umbu Zasa mengatakan...

Setuju...selain SMK Pertanian , sebaiknya juga di tambah SMK Keperawatan di bidang Medis dan Pariwisata , karena ke 2 bidang masih sangat dibutuhkan di Sumba dan juga sebagai bekal anak2 Sumba untuk melangkah keluar bila ingin mencari kerja di luar sumba.

Vinsensius ED mengatakan...

saya sangat setju dengan rencana dan aspirasi ini, tapi kita harus bisa mendukung dengan sepenuh hati, jangan untuk keuntungan tertentu. walaupun saya sedang di rantau(kupang) saya selalu melihat kampung marapu lewat jaringan sosial interney.by simon ana kamurry

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD