Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 07 Juli 2010

Warga Desak Perbaiki Ruas Matakapore-Bondo Kodi

Masyarakat Desa Weekadana dan Desa Matakapore, Kecamatan Bondo Kodi, Kabupaten Sumba Barat Daya mendesak pemerintah setempat segera memperbaiki ruas jalan yang rusak  berat  mulai dari Bondo Kodi-Weekadana-Matakaopore sampai ujung selatan Kecamatan Wewewa Barat.

Kondisi ruas jalan ini sungguh memrihatinkan. Aspal jalan nyaris tak terlihat lagi, jalan berlubang sepanjang kurang lebih 10 km sehingga lintasan ini butuh diperbaiki.  Seperti yang disaksikan Pos Kupang, Sabtu (3/7/2010), saat melintasi ruas jalan Bondo Kodi-Desa Weekadana-Desa Matakapore sampai wilayah selatan Kecamatan Wewewa Barat, kondisi jalan rusak cukup parah.

Perjalanan yang mestinya butuh waktu 1 jam terpaksa harus ditempuh dua kali waktu yang dibutuhkan karena kendaraan yang ditumpangi harus bergerak perlahan menghindari jalan rusak dan berlubang serta tebaran batu kerikil di badan jalan lintasan ini.

Dua desa ini merupakan daerah potensial penghasil komoditi perdagangan. Warga di desa ini  memiliki usaha perkebunan coklat yang cukup luas. Juga tanaman kopi, sirih, pinang, pisang, kelapa dan sebagainya.  Sayangnya, jalur jalan ini  rusak berat menyebabkan kendaraan yang melayani warga ke daerah nyaris tak ada. Warga terpaksa menggunakan jasa ojek, bahkan sebagian terpaksa berjalan kaki.

Agus Kaka, Marthen Holo dan Yoseph Ngongo Bili, warga desa setempat, mengatakan, ruas jalan itu sudah rusak cukup lama. Warga selalu menyampaikan hal itu dalam rapat bersama di tingkat desa maupun kecamatan agar pemerintah memperhatikan ruas jalan ini. Namun permintaan warga tidak ada yang peduli. Warga  merindukan perbaikan jalan demi kelancaran transportasi sekaligus mempermudah mobilisasi komoditi perdagangan.

"Biaya transportasi cukup mahal karena umumnya jasa ojek dibayar antara Rp 7.500-Rp 10.000/sekali jalan. Harga ini  belum termasuk biaya angkut komoditi yang hendak dipasarkan. Hasil penjualan komoditi lebih banyak dihabiskan untuk biaya transportasi sehingga kami warga Desa Matakapore dan Weekadana mendesak pemerintah segera memperbaiki ruas jalan tersebut agar arus transportasi yang melayani warga dua desa itu kembali lancar,"  harap mereka.

Sumber :  Pos Kupang.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD