Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 07 Juli 2010

Dua Kades Diduga Selewengkan KUBE

Dewan Perwakilan Rakyat Daerah  Sumba Barat Daya (SBD) mendesak pemerintah setempat menindak  oknum Kepala Desa Wailabubur dan oknum Kades Kori, Kecamatan Kodi Utara, Kabupaten SBD. Keduanya diduga menyelewengkan dana kelompok usaha bersama (KUBE) tahun anggaran (TA) 2009.

Dana Kube ini merupakan bantuan pemerintah untuk 170 kelompok atau untuk 1.700 anggota dengan besaran dana Rp 2 juta/anggota.

Berdasarkan hasil kunjungan dewan ke beberapa kelompok penerima bantuan, diperoleh informasi dana Kube tersebut tidak dikelola pengurus kelompok, tapi dikelola kepala desa.
Diduga kedua oknum kades ini menyunat dana untuk  setiap kelompok dengan beragam alasan yang tak masuk akal.
Demikian penyampaian tim DPRD SBD yang berkunjung ke Kecamatan Kodi Utara, Kodi dan Kodi Bangedo dalam rapat paripurna DPRD SBD, Senin (14/6/2010).

Rapat dipimpin Wakil Ketua DPRD SBD, Gerson Tanggu Dendo, S.H, dihadiri Wakil Bupati SBD, Jack Malo Bulu, serta pimpinan SKPD.

Tim dewan ini menemukan, dari 10 kelompok usaha bersama dengan 100 orang anggota di Desa Wailabubur, Kecamatan Kodi Utara, ditemukan pencairan tahap I Rp 150 juta dengan rincian Rp 1,5 juta/anggota.

Namun berdasarkan pengakuan kelompok penerima bantuan dan pengakuan Kades Wailabubur, dana KUBE dibagi kepada kelompok  hanya Rp 60 juta atau 600 ribu/kelompok dari seharusnya Rp 1,5 juta/kelompok. Dia menyetor dana tersebut ke Dinas Sosial atas permintaan oknum di dinas itu sebesar Rp 6 juta. Dana kelompok yang masih berada di tangan Kades Wailabubur sebesar Rp 84 juta.

Namun pengakuan Kades Wailabubur mendapat protes  kelompok penerima bantuan yang mengaku tidak semua kelompok mendapat bantuan dana Kube sesuai ketentuan. Misalnya, ada dua kelompok memperoleh Rp 600 ribu/anggota, satu kelompok memperoleh Rp 700 ribu/anggota, bahkan ada anggota kelompok hanya memperoleh 150 ribu/anggota dan  450 ribu/anggota.

Diperkirakan dana KUBE yang masih ada di tangan Kades  Wailabubur bukan cuma Rp 84 juta, tapi lebih besar dari itu.
Oknum Kades Kori, Kecamatan Kodi Utara, SBD,  diduga memotong dana KUBE Rp 100 ribu/anggota dengan alasan membeli obat dan pembuatan kandang babi. Ternyata hal itu tidak dilakukan. Bahkan Kades Kori menyatakan hak anggota ada di tangan kepala desa.

Sedangkan di Desa Kalenga Rongo, Kecamatan Kodi Utara, ada dua ketua kelompok diduga tidak membagikan dana KUBE kepada kelompok penerima bantuan. Akibatnya, warga melaporkan dua oknum ketua kelompok ke Polsek Kodi Utara.
Karena itu, DPRD SBD meminta  pemerintah segera berkoordinasi dengan Polsek Kodi Utara untuk menuntaskan kasus tersebut sesuai ketentuan  yang berlaku. (pet)
--------------tabel-------------
 Tim kunjungan DPRD SBD:
Koordinator Gerson Tanggu Dendo, S.H
Ketua          Heribertus Pemudadi, S.Sos
Sekretaris     Rudolf Radu Holo
Anggota       Soleman Tari Wungo
Anggota     Thomas Tanggu Dendo
Anggota     Oktavianus Holo
Anggota    Antoneta Kura
Anggota   Agustinus Mali
Anggota   Oktavianus Djama Nuna.

Sumber : Pos Kupang.com
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD