Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 30 Juni 2010

INO Mahasiswa Asal Loli Sumba Barat bakar diskotek RedboXX Surabaya

= INO Bakar Sofa Redboxx Karena Kecewa =

CHRISTIAN NATALINO HR TODU alias INO (23) mahasiswa sebuah PTS di Surabaya yang menjadi tersangka tunggal kasus pembakaran Redboxx sengaja menyulut api karena simpati pada kawannya yang ditolak bekerja di Redboxx.

Lelaki asal Kecamatan Loli, Kabupaten Sumba Barat, NTT ini ditangkap polisi Senin (28/06), tiga hari setelah kebakaran yang menewaskan 11 orang termasuk seorang bayi yang masih di dalam kandungan. Dia ditangkap di rumah kosnya di Jl. Tenggilis Mejoyo Selatan II.

AKBP ANOM WIBOWO Kasatreskrim Polwiltabes Surabaya dalam jumpa pers di Mapolwiltabes Surabaya, Rabu (30/06) mengatakan saat itu tersangka bersama 8 kawannya datang ke Redboxx dan duduk di sofa lounge nomor 3, persis di titik api.

Dari hasil olah TKP dan analisis forensik kebakaran yang dilakukan Labfor Mabes Polri cabang Surabaya, diketahui api berasal dari meja lounge 3 yang ada di bagian selatan Redboxx. “Dari hasil analisis Labfor itu kemudian kita telusuri siapa yang duduk di sana, akhirnya dari keterangan 23 saksi yang kita dengar keterangannya, mengarah pada satu tersangka,” kata dia.

Tersangka INO, kata ANOM melakukan aksinya seorang diri saat mabuk. Kekecewaannya pada Redboxx karena kawannya SUWANDI ditolak bekerja di tempat hiburan tersebut bertambah setelah permintaan request lagunya pada penyanyi tidak dihiraukan.

“Sebelum keluar Redboxx, dia sengaja meletakkan puntung rokoknya di lantai berkarpet. Tidak hanya itu, dia juga menyulut api menggunakan korek gasnya ke sofa. Setelah itu dia tinggalkan begitu saja,” kata ANOM.

Ditinggalkan oleh INO, api membesar kemudian merembet membakar gorden dan sofa. Api semakin besar setelah kaca jendela sebelah Selatan pecah, memberikan oksigen dan merambatkan api ke bagian Utara.

Akibat kebakaran ini, 11 orang tewas termasuk bayi yang masih dalam kandungan. Diantara korban tewas, ada 2 WNA asal Jepang dan Australia.

Tersangka INO dijerat dengan pasal berlapis, yakni pasal 187 dan 188 KUHP, barangsiapa menimbulkan kebakaran dengan sengaja diancam kurungan 12 tahun. Sedangkan kebakaran yang menyebabkan orang lain meninggal dunia diancam hukuman 20 tahun penjara,(edy)

Sumber : suarasurabaya.net(http://kelanakota.suarasurabaya.net/?id=9baf7b033f8a650ae04fa8ba064fc704201078651)


= Dipicu sakit hati, tersangka bakar redboXX =

Christian Natalino HR Todu alias Ino aliasi Oni ,21, nekat membakar pub dan resto redboXX karena dipicu rasa sakit hati. Gara-gara perbuatannya, 11 orang tewas di tempat hiburan malam yang berada di komplek Pakuwon Trade Center (PTC) Surabaya itu.

“Ada dua sebab mengapa tersangka sakit hati sehingga membakar sofa yang berakibat terbakarnya seluruh bangunan redboXX,” kata Kasat Reskrim Polwiltabes Surabaya, AKBP Anom Wibowo, kepada wartawan di mapolwiltabes, Jalan Taman Sikatan, Rabu (30/6).

Alasan pertama karena tersangka kecewa. Pengakuan tersangka, dirinya request lagu reggae yang diinginkannya saat dugem namun tidak dikabulkan. Bahkan saat acara minum-minum bersama temannya selesai, lagu pesanannya tidak juga dikabulkan oleh operator. Alasan kedua adalah karena salah satu teman tersangka, Suwandi, yang melamar sebagai karyawan redboXX tidak diterima.

Sambil duduk di sofa, tersangka saat itu menyulut rokok. Usai merokok puntung rokoknya dibuang begitu saja di dekat kakinya. Setelah itu dia mulai menyalakan korek api gas yang dibawanya dan menyulutkan ke sofa. Begitu api mulai menyala, pemuda yang kuliah di Fakultan Hukum Universitas Surabaya (Ubaya) pun pergi.

Pemuda asal NTT yang indekos di kawasan Tenggilis ini tak menyadari jika apa yang dilakukannya telah menjadi tragedi besar. 11 Orang tewas dan puluhan lainnya luka-luka akibat perbuatannya.

Tersangka yang sudah diamankan polisi ini dijerat dengan pasal 187 jo 188 KUHP tentang kesengajaan menimbulkan kebakaran, ledakan atau banjir dengan ancaman hukuman seumur hidup atau selama waktu tertentu paling lama 20 tahun penjara.

Sumber : Solo Pos (http://www.solopos.com/2010/channel/nasional/dipicu-sakit-hati-tersangka-bakar-redboxx-28152)
Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD