Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Sabtu, 22 Mei 2010

Perkembangan HIV/AIDS di Sumba Barat Daya

Saat ini jumlah pengidap HIV/AIDS di Kabupaten Sumba Barat Daya (SBD) sebanyak 41 orang, tersebar di delapan kecamatan di kabupaten itu. Pengidap terbanyak berada di Kodi Utara, yakni 15 orang, disusul Loura sebanyak 11 orang.

Demikian penjelasan Kepala Bagian (Kabag) Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda SBD, Drs. Norbertus Dus kepada wartawan di ruang kerjanya, Rabu (3/2/2010). Bagian Kesra bertugas menangani pembentukan Komisi Penanggulangan HIV/AIDS di SBD.

Menurut Dus, Selama sebulan terakhir ini, ada tambahan pengidap HIV/AIDS sebanyak tujuh orang dari total jumlah sebelumnya pada Desember 2009 lalu sebanyak 34 orang. Data itu didapat dari konselor profesional HIV/AIDS di SBD yang juga merupakan dokter di Rumah Sakit Karitas Weetebula.

"Saat ini kami sedang proses pembentukan KPAD. Surat keputusan untuk para pengurus KPAD sudah diterbitkan. Rencananya tanggal l6 Februari 2010 akan diadakan rapat perdana guna membahas proses penanganannya," kata Norbertus.

Pengurus KPAD terdiri dari 18 anggota, diantaranya Bupati SBD, dr. Kornelius Kodi Mete, selaku ketua, Wakil Bupati Yakobus Malo Bulu sebagai ketua pelaksana, Sekab Antonius Umbu Zaza sebagai wakil ketua satu. dan Konselor Profesional HIV/AIDS SBD, dr. Octavianus Deky sebagai wakil ketua dua.  Sementara itu, pihak kepolisian, tokoh masyarakat dan sejumlah pimpinan SKPD, juga dilibatkan dalam kepengurusan KPAD SBD.

Menurut Dus, jumlah pengidap masih akan terus bertambah mengingat kelompok resiko seperti para pekerja seks komersial (PSK) di SBD  masih terselubung.
Dus berharap, semua pihak termasuk pemerintah serius memperhatikan, menangani dan mencegah perkembangan virus tersebut di wilayah SBD. Dengan pembentukan KPAD ini, Dus berharap agar perkembangan HIV/AIDS di SBD dapat ditekan atau diminimalisir.

Pengidap HIV/AIDS :
-------------------------------
Kecamatan               Jumlah
Kodi Utara                 15 orang
Loura                        11 orang
Kodi Bangedo            5 orang
Kodi                           3 orang
Wewewa Barat            3 orang
Wewewa Selatan         2 orang
Wewewa Timur           1 orang
Wewewa Utara            1 orang
------------------------------------------
Jumlah             41 orang    
---------------------------------------------            
* Sumber: Bagian Kesra SBD

Comments
0 Comments

0 komentar:

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD