Blogger Themes

Please Click This Button Below To Read This Website In To Your Own Language

Rabu, 26 Mei 2010

Pariwisata Sumba Menjadi Headline di Surat Kabar Australia

Oleh :  Paulus Waris Santoso

Kejutan yang menyenangkan saat membuka koran The Age, salah satu Koran terbesar di Melbourne. Di halaman depan terpampang foto seorang pemuda sedang mengendarai kuda. “Ahh, orang Indonesia nih” pikir saya. “Semogalah bukan hal buruk yang diberitakan,” pikir saya lagi. Karena beberapa saat yang lalu mereka kerap menurunkan berita yang jelek-jelek. Bukan salah mereka sih, karena yang bisa diberitakan mungkin hanya yang buruk. Demo, kemacetan, keributan di DPR, itu yang diberitakan. Bahkan kemacetan di Jakarta membuat banyak orang menjadi takut pergi ke Jakarta.

Hari ini mereka menurunkan tiga buah berita berkaitan dengan pariwisata di Sumba. Dua berita berkaitan dengan wisata bahari, berupa potensi pantai dengan ombaknya yang mengalun indah untuk berselancar. Kemudian satu berita mengenai Andian Lannga, seorang bocah yang terbakar waktu berusia setahun. Sekarang sedang menjalani proses pengobatan di bawah pengawasan dokter dari Australia. “Hmmm, pantasan ada berita mengenai Sumba karena ada orang Australia di situ,” pikiran negatif saya masih berprasangka buruk kepada mereka.

Lepas dari itu, saya harus mengakui bahwa pemberitaan mereka akan potensi wisata di Sumba akan sangat menolong. Setidaknya membuka mata banyak orang bahwa Indonesia itu bukan hanya Bali. Harus diakui bahwa banyak mata dunia, terutama Australia mengenal Indonesia itu hanya Bali saja. Pemberitaan The Age bahwa di sebelah timur Bali ada sebuah pulau dengan pantai yang indah, dengan ombak yang menggulung tinggi, dengan peninggalan kebudayaan masa lalu yang eksotik (kebudayaan dari era megalitikum) akan membawa semangat berselancar mereka ke sana. Akan membuat mereka memiliki banyak pilihan ketika menentukan jadwal berlibur ke Indonesia.

Bagi kita pun, orang Indonesia, sepertinya sudah saatnya berani menunjukkan kepada dunia bahwa Indonesia itu bukan hanya Bali. Bahwa banyak tempat di Indonesia sangat indah dan menarik untuk dikunjungi. Dan yang lebih penting adalah, aman untuk dikunjungi. Situasi seperti itu (aman dan nyaman) untuk dikunjungi hanya mungkin kalau mulai diciptakan. Pastilah kita sendiri yang mesti memulainya. Kayaknya lebih cepat lebih baik deh.

Sumber Berita : http://sosbud.kompasiana.com/2010/03/13/pariwisata-sumba-menjadi-headline-di-surat-kabar-australia/
Comments
1 Comments

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Salam sejahtera untuk masyarakat Sumba Barat Daya. Saya tertarik dengan prosentase besar tentang pilihan terhadap SBD sebagai tempat pariwisata.Saya juga sangat mendukung tentang Sumba yang menjadi pusat wisata. Namun ada beberapa hal penting yang perlu dipersiapkan dan ini merupakan tugas berat pemerintah daerah dan tanggungjawab semua masyarakat sumba.
1. Indahnya sebuah daerah wisata, bukan hanya dilihat dari indahnya alam tetapi yang paling penting adalah menciptakan budaya manusia yang ramah sehingga para wisatawan merasakan indahnya hati orang sumba yang ramah.
2. Pemerintah daerah perlu merencakan dan menjalankan program peningkatan kemampuan manusiawi atau sumber daya manusia yang handal. Contoh kecil, membuka kursus-kursus bahasa ingris di banyak tempat agar kaum muda khususnya dan masyarakat umumnya bisa berkomunikasi dengan para wisatawan asing. Lebih penting lagi bagi jajaran dinas pariwisata mempuanyai kemampuan komunikasi dengan dunia international.
3. Memperhatikan budaya apa yang paling unik di sumba? Keunikan seuatu budaya sangat penting. Karena itu perlu di angkat, ditata dan lebih diperindah lagi. Keunikan artinya, keindahan budaya dan alam sumba hanya di sumba saja, di tempat lain tidak ada. Pasola mungkin? atau apa yang perlu diangkat lagi dari aspek budaya sehingga menarik perhatian para wisatawan. Apa yang unik bagi orang sumba barat daya?
4. Wisatawan kebanyakan datang dari negara kaya. Karena itu, tugas berat pemerintah daerah adalah bagaimana menyediakan sarana dan prasarana serta akomodasi yang memadai. Misalnya perlu bekerja sama dengan para investor asing atau para pengusaha besar dalam negri untuk membangun hotel, restaurant, supermarket ber-standar international yang bisa melayani para wisatawan asing.
5. Akhirnya salamku untuk semua sahabat dalam sumba net. Salam Natal 2010 dan tahun baru 2011.

Berita Yang Paling Banyak Dibaca

PESONA WISATA SUMBA

Visit Sumba Island, East Nusa Tenggara, Indonesia Slideshow: Go’s trip to Sumba was created with TripAdvisor TripWow!

Facebook MoripaNews Online

Tempat Wisata SBD